Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X IPA2-MAN Asahan Tahun Ajaran 2018/2019

Main Article Content

Tuppal Pardomuan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adaalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan mata pelajaran Biologi yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari laki-laki 14 siswa dan perempuan 22 siswa dengan kemampuan siswa yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Biologi pada siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa materi ruang lingkup biologi di kelas X IPA-2 MAN Asahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pardomuan, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X IPA2-MAN Asahan Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 48-52. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4467
Section
Articles

References

Abdullah, Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Aqib. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SMP, SMA. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M. Nur dan Risnawati S. Rini. 2012. Gaya Belajar : Kajian Teoretik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, A. 2009. Penerapan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Wena, M. 2013. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.