Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa

Main Article Content

Muthia Aprianti
Melia Nurkhalisa
Muh. Husen Arifin
Tin Rustini

Abstract

Majunya teknologi di abad 21 membuat banyak perubahan yang terjadi, banyak sekali teknologi yang dapat memudahkan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita dapat menyelesaikan suatu pekerjaan lebih mudah dan cepat. Akan tetapi dengan adanya kemudahan yang disuguhkan, masyarakat Indonesia banyak yang terjerumus kedalam hal-hal negative yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi, seperti menyalah gunakan sosial media, penyebaran berita bohong, perundungan, peretasan akun dan juga masih banyak lagi bentuk-bentuk kejahatan lainnya yang semua dapat temukan dimana-mana, itu semua terjadi karena lunturnya nilai karakter tanggung jawab sosial. Tentusaja dari hal-hal negative tersebut menimbulkan kerugian terhadap masyarakat sosial. Maka dari itu dibutuhkanlah suatu upaya dalam membentuk kembali karakter tanggung jawab sosial yang kian hari semakin luntur. Pembelajaran Ilmu pengetahuan sosial atau IPS ini hadir dan sangat berperan penting dan dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan sosial ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 184-188. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4539
Section
Articles

References

A.M, S. (2010). Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Rajawali Pers.
Alifia, H. N., Salma, D., Arifin, M. H., & ... (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala …, 6(2), 100–111. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/15610
Amin, M. (2021). Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa.
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7.
Darmadi, H. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Alfabeta.
Fitriastuti, W. & M. (2014). Peningkatan Sikap Kerja Keras dan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Course Review Horay. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fuad, A. M. (2018). Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di Kelas VII SMP Islam Sabilurrosyad Gasek Karangbesuk sukun Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14.
Mulyana, D. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. PT.Remaja Rosdakarya.
Putro, H. P. N. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPS dalam Kurikulum 2013. Mewacanakan Pendidikan IPS.
Setiawan, N. F. A. & M. (2013). Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zuchdi, D. (2008). Humanisasi Pendidikan : Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Bumi Aksara.