Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah MAN 1 Cirebon

Main Article Content

Siti Nurnaena
Septi Gumiandari

Abstract

Bahasa memainkan peran penting dalam peningkatan kemampuan kosakata bagi siswa. Tujuan dari artikel penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Augmented Reality efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dan hasil belajar siswa MAN 1 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni metode observasi, wawancara,dan kajian pustaka melalui dokumen, buku, ataupun jurnal ilmiah. Hasil yang didapat dalam penelitian yang telah dilakukan adalah, penggunaan Augmented Reality di sekolah MAN 1 Cirebon sudah efektif dan sangat menarik karena pertimbangan gambar/benda memudahkan siswa untuk memahami pentingnya kosakata bahasa Arab saat ini. Metode pembelajaran Augmented Reality (AR) dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab serta meningkatkan semangat siswa untuk belajar bahasa arab hingga fasih.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurnaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah MAN 1 Cirebon. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 189-196. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4632
Section
Articles

References

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Explore:Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 11(2), 124. https://doi.org/10.36448/jsit.v11i2.1591
Arif, M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 9(1), 1-15
Bagus, I., & Mahendra, M. (2016). Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk. Jurnal Ilmiah ilmu komputer Universitas Udayana, 9(1), 1-5.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di smk hamong putera 2 pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 73-106.
Dian Syafitri Chani Saputri. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Hasil Belajar. Jutisi, 6(1), 1311–1448
Ding, D. (2014). Efektivitas Pelakasanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan. Jurnal Ilmu Pemerintah, 2(2),8-10.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Himam, M. W., Rosiyana, S., Irawati, R. P., & Busri, H. (2017). Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 29-37.
Jannah, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Augmented Reality terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di SDN 07 Kota Bengkulu. Skripsi.2(1).51-63.
Mardhiah, A., & Akbar, SA (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Lantanida , 6 (1), 49-58.
Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya 2(9), 52–59.
Pekerti, B. . (2017). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Banyumas Pada Mata Pelajaran IPA Tata Surya. In,2(4),58-62 http://lib.unnes.ac.id/.
Rijali, A. (2019). Qualitative data analysis. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95
Renando, M. C., & Sumarudin, A. (2015). Augmented Reality Penunjuk Arah Jalan. Jurnal Teknologi Terapan, 1(1), 56–60
Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya , 11 (2), 71-79.
Saputri, D. S. C. (2017). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Hasil Belajar. Jutisi, 6(1), 1357–1366.
Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404
Setiowati, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Di MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2018/2019. 6(5), 41–53.
Syuhada, R. (2017). Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Alat Olahraga Hockey Sebagai Pendukung Sarana Dan Prasarana Olahraga Berbasis Android. 2(1),4–16.
Toriyono, M. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif Di Kampung Arab Kebumen. 1(1), 56-60.