Kemampuan Membaca Arab Melayu Kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Tandun

Main Article Content

Anggita Putri Mulyani
Jesiva br Togatorop
TriaNovalita S
Hasnah Faizah

Abstract

Berpegang pada pernyataan bahwa tulisan Arab Melayu merupakan tulisan yang sudah dikenal masyarakat sejak jaman kerajaan Melayu, bahkan sebelum adanya tulisan latin. Sungguh tidak lazim bahwasannya masyarakat yang hidup di daerah Melayu, kini malah tidak mengenal huruf Arab Melayu yang sudah digunakan sejak dahulu. Fenomena ini yang menjadi pemicu peneliti melakukan penelitian terkait dengan penguasaan dan keterampilan membaca Arab Melayu di masyarakat, khususnya generasi muda yang kali ini di fokuskan kepada siswa sekolah menengah atas. Mata pelajaran Arab Melayu (ARMEL) pernah ada dalan kurikulum sekolah dan menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa, akan tetapi di era ini mata pelajaran tersebut tidak dijumpai kembali meskipun sebelumnya pernah menjadi mata pelajaran wajib dan muatan lokal. Analisis membaca Arab Melayu ini adopsi dari Riky Hermanda (2012). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca pemahaman teks Arab Melayu siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Tandun. Peneliti melakukan riset dengan cara menganalisis kemampuan siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Tandun dalam menerjemahkan dan mengartikan kalimat dalam huruf Arab Melayu kedalam kalimat dengan huruf latin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Tandun mampu memahami kata dan mengenali huruf-huruf Arab Melayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Tandun. Pengambilan sampel tersebut dikenal dengan sampel penuh atau 100% dari jumlah keseluruhan populasi penelitian yang dilibatkan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil tes yang dilakukan melalui media google form, memberikan penilaian sesuai dengan pedoman penilaian, mencari presentase untuk setiap aspek membaca, dan menghitung rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwasannya rata-rata kemampuan membaca Arab Melayu siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Tandun adalah 75,66 dengan kategori menengah.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mulyani, A. P., Togatorop, J. br, S, T., & Faizah, H. (2022). Kemampuan Membaca Arab Melayu Kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Tandun. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 267-271. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4870
Section
Articles

References

Razak, Abdul . 2007. Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Autografika.
Tarigan, H.G. 1979. Membaca Sebagai Studi Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umar, Said Mahmud. 1989. Pedoman Pengajaran Tulis Baca Aksara Arab Melayu yang Disempurnakan. Pekanbaru: Depdikbud.
Surana, FX. dkk. 1982. Menulis dan Membaca Huruf Arab Indonesia. Solo: Dikdasmen.
Hermanda, R. (2012). Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Arab Melayu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Riau.
Faizah, H. (2019). Buku Ajar Membaca Arab Melayu. Pekanbaru: UR Press.