Analisis Cara Menentukan Fakta dan Opini dalam Penulisan Teks Editorial

Main Article Content

Erwan Effendi
Ayu Sawitri
Dewi Rahmadanti
Ahmad Andrehadi
M. Amirul Fahmi

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang tidak dipisahkan dari manusia. Bahasa meruakan alat komunikasi dengan terdiri dari berbagai kalimat dan kata untuk melancarkan komunikasi. Tulisan merupakan hasil karya yang ditulis seseorang kemudian dipublish ke dalam sebuah situs internet atau situs apapun. Menurut Iskandarwassid dan Sunendar (2011:248) “Kegiataan menulis adalah kegiatan yang sangat kompleks jika dibandingkan dengan ketiga kemampuan berbahasa lainnya seperti kemampuan mendengarkan, berbicara, dan membaca”. Dalam menulis seseorang diharuskan untuk berpikir keras. Dalam menulis, penulis harus menerapkan aturan dasar yang dapat dimengerti oleh pembaca. Kegiatan menulis akan menghasilkan sebuah karya berupa tulisan yang berwujud menjadi buku ataua karangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Effendi, E., Sawitri, A., Rahmadanti, D., Andrehadi, A., & Fahmi, M. A. (2022). Analisis Cara Menentukan Fakta dan Opini dalam Penulisan Teks Editorial. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 272-280. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4912
Section
Articles

References

AMALIA, E. S. (2019). KEMAMPUAN MENENTUKAN KALIMAT FAKTA DAN OPINI DALAM MAJALAH SUARA MUHAMMADIYAH SISWA KELAS IX.6 SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG. SKRIPSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR, 1-69.
Hojianto. (2015). Penggunaan Gramatika dalam Tajuk Rencana. E-Jurnal Bahasantodea, 100-110.
Kasan, D. (2013). Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini dalam Teks Editorial dengan membaca intensi pada peserta didik di Kelas XI IPA 2 MAN Model. SKRIPSI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.
Lestari, R. (2019). FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS TAJUK RENCANA PADA SURAT KABAR KOMPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1-10.