Upaya Meningkatkan Aktivtas Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII-5 MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2018/2019 Hj. FATIMAH, S.Pd

Main Article Content

Fatimah Fatimah

Abstract

  Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas VII-5 MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah 32 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran melalui penerapan metode mind mapping. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar IPA Terpadu siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre testterdapat sebanyak 8 orang (25 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 24 orang (75 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 63,3. Pada siklus I diperoleh 13 orang (40,6 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 19 orang (59,4 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 75. Dan Pada siklus II diperoleh 29 orang (90,6 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 3 orang (9,4 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 82,3. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu pada siswa kelas VII-5 MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2018/2019

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fatimah, F. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivtas Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII-5 MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2018/2019 Hj. FATIMAH, S.Pd. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 287-295. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4922
Section
Articles

References

Anita Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-Ruang. Jakarta: Grasindo

Dimyati, Mudjiono. 1993. Belajar dan Pembelajaran, Studi dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin, Rachmadiarti, Fida, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA Press.

Muijs Daniel, Reynolds David. 2008. Effective Teaching.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, Enco. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan
Implementasi.

Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Nur, M. Wikandari,P.R (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivs dalam Pengajaran, Surabaya: PSMS Program Pasca Sarjana IKIP Surabaya

Purwanto. 2003. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. Boston: Allyn and Bacon

Surya Mohammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi