Media Sosial Sebagai Media Penyiaran

Main Article Content

Winda Kustiawan
Farah Dalilah Balqis
Latifah Wulandari
Rini Handayani Siregar
Masitoh Br Simbolon
Heri Ernanda Pandiangan
Yoga Bali Prawira

Abstract

Di era teknologi dan informasi yang sudah sangat maju perkembangan penyiaran informasi tidak hanya berfokus pada satu titik untuk menyiarkan sebuah informasi. Kini hal tersebut sudah bisa didapatkan melalui laman media sosial yang memuat banyak hal termasuk informasi, pendidikan, hiburan, berita, dan juga bisa mencerdaskan jika digunakan dengan bijak. Namun, hal ini menjadi tantangan untuk penyiaran di televisi maupun radio karena penggunaan menjadi berkurang dan beralih ke media sosial bahkan penyiaran saat ini bisa dilakukan oleh semua orang yang bisa dikatakan sebagai citizen journalism. Dengan analisis deskriptif kualitatif dengan cara menggumpulkan data melalui literature yang didapatkan melalui laman pencarian google scholar dan juga menggambarkan data yang terkumpul terkait media sosial sebagai media penyiaran. Peneliti menemukan bahwa media sosial menjadi media penyiaran yang paling banyak digunakan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kustiawan, W., Balqis, F. D., Wulandari, L., Siregar, R. H., Simbolon, M. B., Pandiangan, H. E., & Prawira, Y. B. (2022). Media Sosial Sebagai Media Penyiaran. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 296-302. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4931
Section
Articles

References

Wahyuni, Arum, Evektivitas Media SoSial Sebagai Media Promosi , Jurnal Tirtayasa Ekonomika Vol. 12 No. 2 (2017)
Abdul Rachman, Dasar-Dasar Penyiaran, (Unri Press, 2009), hal. 15
Setiadi, Ahmad. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Keefektifitas Komunikasi.
Clara S, Astari. Hartina, Rini. Awalia, Reski. Irianti, Hana. Ainun, Nurul. Komunikasi dan Media Sosial. Artikel Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia.
Sunarwan, Bambang. 2015. Aktifitas komunikasi dan Media Sosial (Survai Pola Komunikasi Masyarakat DKI Jakarta Melalui Social Network Sites). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 19, No.1, Hal 93-106
Watie, Errika Dwi Setya. 2011. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). The Messenger, Vol. 3, No. 1, Hal. 69-75.
Rakhmawati, Istina, Perkembangan media sebagai sarana, At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4. No. 1 (2016).
Oxford Dictionari. (2017). Hoax. Diakses dari situs https://en.oxforddictionaries.com/definition/hoax
Rudi, A. (2017). Kenapa “Hoax’ Mudah Tersebar di Indonesia? Diakses dari situs : http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/08/21160841/kenapa.hoax.mudah.tersebar.di.indonesia tanggal 18 Desember 2022.
Tarigan, A. (2017). Menko Polhukam: berita “hoax” buat masyarakat merugi. Diakses dari situs: http://www.antaranews.com/berita/604730/menkopolhukam-berita-hoax-buat-masyarakat-merugi tanggal 18 Desember 2022