Penerapan Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Belajar Siswa MD Matholiul Huda Kaliwedi Lor
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang berorientasi pada siswa sering terhalangi dengan alokasi waktu pembelajaran yang diberikan, namun tujuan dalam struktur pembelajaran bahasa Arab tetap harus diselesaikan. Hal ini membuat guru sebagai pendidik memikirkan metode pengajaran yang sesuai. Metode pembelajaran yang digunakan pendidik sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar pembelajar. Pembelajar akan merasa bosan dengan metode yang tidak bervariasi atau terus menerus hanya metode tertentu yang digunakan. Kondisi ini dapat menurunkan self-regulated learning belajarnya. Salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan adalah flipped classroom, dimana pembelajaran dalam menggali dan memahami pengajaran dilakukan di luar kelas dan kegiata interaktif dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan flipped classroom dalam meningkatkan self-regulated learning siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MD Matholiul Huda Kaliwedi Lor.
Downloads
Article Details
References
Alamri, M. M. (2019). Students' academic achievement performance and satisfaction in a flipped classroom in Saudi Arabia. International Journal of Technology Enhanced Learning, Vol. 11, No. 1, hal. 103-119.
Awidi, I. T., & Paynter, M. (2019). The impact of a flipped classroom approach on student learning experience. Computers & Education, Vol. 128, hal. 269-283.
Davies, R. S., Dean, D. L., & Ball, N. (2013). Flipping the classroom and instructional technology integration in a college-level information systems spreadsheet course. Educational Technology Research and Development, Vol. 61, No. 4, hal. 563-580.
Danker, B. (2015). Using Flipped Classroom Approach to Explore Deep Learning in Large Classrooms. The International Academic Forum (IAFOR) 3 (1).
Deni Darmawan Dan Dinn Wahyudin. (2018). Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Johnson, G.B. (2013). “Student Perceptions Of The Flipped Classroom.” Columbia: The University Of British Columbia.
Kong, S. C. (2014). Developing information literacy and critical thinking skills through domain knowledge learning in digital classrooms: An experience ofpracticing flipped classroom strategy. Computers & Education, Vol. 78, hal. 160-173.
Marina, H., & Ridlo, S. (2021). The Effectiveness of Flipped Classroom to Improve Students ’ Understanding and Self Efficacy during the Covid-19 Pandemic Concept. 10(1), 70–76.
Martawijaya, Agus. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Local. Cv. Masagena.
Miftachul Taubah. (2019). Maharah Dan Kafa’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Studi Arab. 10.1. 31–38
Najib, Zauhy. (2014). https://www.new-educ.com/la-classe-inversee.
Nugroho. (2004). Self Regulated Learning Anak Berbakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa.
Syafe’i. (2012). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kontritukvisme, Perguruan Tinggi. JPI. Vol 27, No.3.
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tahir, H. Abd. Wahid. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1.
The Liang Gie. (1994). Cara Belajar yang Efisien Jilid I. Yokyakarta: Penerbit dan Percetakan Liberty.
Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 1.
Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun. Kwangsan, 6(2), 199.
Zainuddin, Z., Haruna, H., Li, X., Zhang,Y., & Chu, S.K.W. 2019. A systematic review of flipped classroom empirical evidence from different fields: what are the gaps and future trends? On the Horizon. Vol. 27 No. 2, hal. 72-86.