Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Article Content

Dewi Z Fivere

Abstract

  Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu melalui penerapan model group investigation pada siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padang Lawas Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 dengan jumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran melalui penerapan model group investigation. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar IPA Terpadu siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test terdapat sebanyak 6 orang (20 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 24 orang (80 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 65,8. Pada siklus I diperoleh 16 orang (53,3 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 14 orang (46,7 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 72. Dan Pada siklus II diperoleh 28 orang (93,3 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 2 orang (6,7 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,5. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu pada siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fivere, D. Z. (2022). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 333-341. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4981
Section
Articles

References

Anita Lie. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-Ruang. Jakarta: Grasindo

Dimyati, Mudjiono. 1993. Belajar dan Pembelajaran, Studi dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin, Rachmadiarti, Fida, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA Press.

Muijs Daniel, Reynolds David. 2008. Effective Teaching.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, Enco. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan
Implementasi.

Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Nur, M. Wikandari,P.R (2000). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivs dalam Pengajaran, Surabaya: PSMS Program Pasca Sarjana IKIP Surabaya

Purwanto. 2003. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada MediaGroup

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E.. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. Boston: Allyn and Bacon

Surya Mohammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Sunarto. (2012). Pengertian prestasi belajar. Fasilitator idola [online]. Tersedia : http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/ [1 April 2012]