Pengertian Artikel dan Editorial

Main Article Content

Erwan Effendi
Rizki Hajar
Niatul Mukaramah
Arkanuddin Padang
Syahrul Alfriansyah

Abstract

Tulisan (writing) adalah hasil tulisan, karangan, karangan (di tabloid, koran atau ceritafiktif ), buku (karya ilmiah). Jika dilihat dari teknisnya, menulis merupakan susunan kata, kalimat dan paragraf untuk menyampaikan pesan atau berupa informasi, gagasan atau pemikiran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menulis berarti menulis huruf dan angka) dengan alat tlis berupa pulpen ataupun kapur tulis dan menciptakan sebuah ide. Kunci utama dalam tulisan adalah adanya pesan, yaitu tema, isu atau masalah, yang menjadi bahan utama tulisan. Dari “teori penulisan” di atas dapat disimpulkan bahwa siapa saja yang memiliki pesan (informasi, ide, pemikiran) dapat menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Effendi, E., Hajar, R., Mukaramah, N., Padang, A., & Alfriansyah, S. (2022). Pengertian Artikel dan Editorial. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 367-372. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5044
Section
Articles

References

Sumadiria, AS. Haris. 2015. Menulis Artikel dan Teks Editorial: Panduan Penulis dan Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rivers, William L. Bryce Mc Intyre. Alison Work. 1994. Editorial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Djuroto. 2002. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Oetama, Jacob. 1987. Perspektif Pers Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Wibowo, Wahyu. 2006. Berani Menulis Artikel: Babakan Baru Kiat Menulis Artikel Untuk Media Massa Cetak. Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.
Romeltea. 2019. Cara Menulis, Jenis-Jenis Tulisan, dan Creative Writing. (Cara Menulis, Jenis-Jenis Tulisan, dan Creative Writing » Romeltea Online, diakses 14 September 2022).
10 Pengertian Menulis Menurut Para Ahli Dan KBBI. 2020. (10 Pengertian Menulis Menurut Para Ahli dan KBBI - Penerbit Deepublish, diakses 14 September 2022).