Perkembangan Sosial-Emosional pada Masa Awal Anak

Main Article Content

Hayatun Nufus
Naura Najipa
Fauziah Nasution

Abstract

Dalam penelitian ini metode yang dipakai  yaitu metode deskriptif kualitatif. Dimana penelitian deskriptif  adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah gambaran kedudukan akal didalam islam. Untuk referensinya sendiri diperoleh dari berbagai buku ilmiah yang dipublikasikanuntuk menjadi sumber referensi kemudian tekhnik yang digunakan untuk mengupulkan data pada penelitian ini adalah observasi, Studi Kepustakaan dan Wawancara. Adapun factor terpenting dalam  perkembangan emosi anak yaitu pembentukan identitas dan konsep dirinya, yaitu perasaannya terkait siapa dirinya serta hubungan dirinya terhadap orang lain. Adapun hal yang sering terlihat pada anak-anak, kesadaran diri yang berkembang yaitu pergeseran dari atribut fisik konkret ke karakter yang lebih abstrak. Hal ini jelas dalam karakteristik yang ditekankan anak-anak jika diminta agar mendeskripsikan dirinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nufus, H., Najipa, N., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Sosial-Emosional pada Masa Awal Anak. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 373-377. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5068
Section
Articles

References

Santrock, John W. 1997. Live-Span Development. Brown & Benchmark: Dubugue Amerika Serikat.
Sri Esti Wuryani Djiwandono, 2005. Memecahkan Masalah Tingkah Laku Anak di Rumah dan Di Sekolah. PT Gramedi Widiasarana Ondonesia: Jakarta