Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe reciprocal teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI MIA-4 MAN 2 PADANG SIDEMPUAN Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Biologi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching di kelas XI MIA-4 MAN 2 Padang Sidimpuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-4 dengan jumlah 30 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar Biologi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test terdapat sebanyak 6 orang orang (20 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 24 orang siswa (80 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 65,8. Pada siklus I diperoleh 15 orang siswa (50 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 15 orang siswa (50 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 73. Dan Pada siklus II diperoleh 27 orang siswa (90 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 3 orang siswa (10 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,5 Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Biologi di kelas XI MIA-4 MAN 2 Padang Sidimpuan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
Article Details
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Aqib. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SMP, SMA. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M. Nur dan Risnawati S. Rini. 2012. Gaya Belajar : Kajian Teoretik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, A. 2009. Penerapan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group
Wena, M. 2013. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.