Kondisi Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Yayasan RA Melati Medan

Main Article Content

Raudotul ilmia
Zelita Anggraeni
Zahra Firman Natasya
Witri Asisah
Ahyar Ahyar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan dan fasilitas yang tersedia di Taman Kanak-kanak Medan. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pejabat sekolah lebih mengenal kondisi sarana dan peralatan. Oleh karena itu, Temuan studi ini dapat menjadi panduan untuk meningkatkan fasilitas dan peralatan pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi ,dokumentasi, dan wawancara. Informasi tersebut dihimpun dari kepala sekolah dan guru di Taman RA Melati Kanak-kanak. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles-Huberman tiga tahap. Tahapan seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan termasuk dalam proses ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perbaikan infrastruktur diperlukan di Taman Anak RA Melati berada dalam kondisi yang kurang ideal, dibuktikan dengan kurangnya jenis infrastruktur dan fasilitas tertentu, seperti pencahayaan yang memadai, tempat duduk yang memadai. , dan area bermain yang memadai. Sayangnya, sekolah tersebut tidak berada di lokasi yang nyaman; itu di belakang masjid, dan ruang kelas dua terletak di lantai dua. Tidak ada taman bermain dimana anak-anak dapat bermain dengan bebas, dan peralatan bermain jarang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ilmia, R., Anggraeni, Z., Natasya, Z. F., Asisah, W., & Ahyar, A. (2022). Kondisi Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Yayasan RA Melati Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 428-437. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5274
Section
Articles

References

Asri C. Budiningsih. (1995). Strategi Menggunakan Media Pengajaran bagi Pendidikan Dasar. Majalah Ilmiah Cakrawala Pendidikan no. 1, Thn XIV. Februari.
B. Suryosubroto. (1988). Pengantar Administrasi di Sekolah. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dirjen Dikdasmen Depdikbud. (1997). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Hartati Sukirman, dkk. (TT). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
----------. (1999). Administrasi Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY.
Ibrahim Bafadal. (TT). Administrasi dan Supervisi Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Muhammad Joko Susilo. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sri Rumini, dkk. (1991). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY. S
ugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
----------. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (1983). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Bumi Aksara.
----------. (1987). Pengelolaan Materiil. Jakarta: Prima Karya.