Hubungan Konsep Diri dan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa

Main Article Content

Cut Andiyani Priatna Putri
Septi Gumiandari

Abstract

Diantara faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar karena konsep diri mahasiswa yang rendah dan sering menunda-nunda tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan prokrastinasi akademik dengan prestasi akademik mahasiswa. Hal ini penting agar mahasiswa dapat mencegah terjadinya prokrastinasi terhadap prestasi akademik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kajian literatur dengan mengumpulkan data referensi, membaca, menganalisis serta mengolah data tersebut menjadi bahan penelitian. Kata kunci yang digunakan dalam penelusuran artikel dengan menggunakan aplikasi google scholar adalah “konsep diri, prokrastinasi akademik, prestasi akademik”. Penulis mencari referensi jurnal yang diterbitkan mulai tahun 2013 sampai sekarang. Berdasarkan hasil pencarian melalui aplikasi google scholar dengan menggunakan kata kunci yang dimaksud dan telah disaring berdasarkan pembahasan yang digunakan, maka dari 20 artikel atau jurnal yang penulis mencantumkan semua jurnal yang sesuai dengan topik pembahasan. Hubungan konsep diri dan prokrastinasi dengan prestasi akademik mahasiswa adalah keterkaitan yang saling berpengaruh dalam prestasi akademik baik dalam konsep diri terlebih pada prokrastinasi akademik seseorang. Dengan begitu mahasiswa yang mempunyai rasa kepercayaan diri penuh akan berusaha menggunakan waktu dan kemampuannya untuk mengerjakan tugas atau pekerjaannya dengan sungguh-sungguh, sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan prestasi akademik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, C. A. P., & Gumiandari, S. (2022). Hubungan Konsep Diri dan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 554-569. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5326
Section
Articles

References

Apriani, P. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 42. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1625
Aprilana, R. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Karir Masa Depan Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa Abstrak. Psikologi Proyeksi, 11(1), 24–35.
Buana , I wawan, A. S. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dan Kecerdasan Emosional Dengan Prokratinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah BK, 5(1), 77–88.
Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3553
Christinalia, Selvy, O. (2013). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dan Prestasi Akadmeik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi – Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–7.
Dami, Z. A., & Loppies, P. A. (2018). Efikasi Akademik dan Prokrastinasi Akademik Sebagai Prediktor Prestasi Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 74–85. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p74-85
Efendi A.L, Rosra, M., & Yusmansyah. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri Dalam Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Journal of Che. Journal of Chemical Information and Modeling. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Packages/Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe/TempState/Downloads/4569-9714-1-PB (1).pdf
Hanifah, H. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 217. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.859
Hasibuan, A. D. (2020). Pengaruh Konsep Diri, Percaya Diri, dan Keterampilan Interaksi Sosial terhadap Prestasi Akademik. Al-Irsyad, 10(2), 149–159. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8468
Indah Handayani, S. W. R. (2012). Konsep Diri, Stres, dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 114–121. https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.36
Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060
Mandasari, E., & Ihsan, M. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Tingkat Prokrastinasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 8(01), 133–150. https://doi.org/10.24952/di.v8i01.2707
Mukti, B. P. W., Mukhlis, H., Amirudin, I., & Sutrisno, S. (2019). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Konsep Diri Mahasiswa Profesi Ners. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.47679/jopp.1152019
Nino dwi ariani putri. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Skripsi, May, 31–48. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf
Nurwahyuni, I. (2015). Hubungan Konsep Diri dan Interaksi Teman Sebaya dengan Prokrastinasi AkademikMahasiswa.http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39312%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/39312/1/02. Naskah Publikasi.pdf
Prasetiyo, D. (2016). Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. 1–27.
Saifullah. (2015). hubunngan konsep diri akademik denggan prestasi akademik. 41(2), 251–261.
Suhadianto, & Ananta, A. (2021). Konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(02), 178–191.
Syamseeyah, S. (2016). hubungan harga diri dan konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas III sekolah ma’had Al-muhammadiah thailand selatan. Skripsi, May, 31–48. http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620012/index.pdf
Syifa Layyinatus, sunawan, eko nusantara. (2020). Prokrastinasi akademik pada lembaga kemahasiswaan dari segi konsep diri dan regulasi emosi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 9(1), 17–22. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Wahyuningsih, P., & Handoyo, A. W. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Sistema: Jurnal Pendidikan, 2(1), 39–45. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Wekke, D. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. Gawe Buku. http://36.91.55.181/omeka/files/original/90b435f03aec395ef31a6358c296fcd7.pdf#page=89