Pentingnya Self Regulation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Main Article Content

Nurul Fajri Assakinah
Mohammad Ilham Maulana
Eva Latipah

Abstract

Self- regulated learning ialah aspek internal yang terdapat pada diri orang yang berfungsi pada pencapaian prestasi belajar yang maksimal. Melalui pelaksanaan strategi self- regulated learning bisa belajar secara mandiri, aktif dalam melaksanakan kegiatan belajarnya, mempunyai tujuan strategis serta keteguhan dalam belajar, dan mempunyai keahlian buat mengevaluasi kegiatan belajarnya yang berkaitan dengan tujuan yang sudah terbuat dalam belajar. Tujuan dari penulisan ini adalah agar mengetahui sejauh mana Self Regulation dapat menunjang prestasi siswa, Metode yang di gunakan dalam penulisan ini ialah metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada penelitian sebelumnya.  strategi self regulated learning mampu menolong mereka memandang diri mereka sendiri selaku agen sikap dalam belajar. Mereka yakin belajar merupakan proses proaktif dalam memotivasi diri serta memakai strategi–strategi yang membolehkan mereka meningkatkaan hasil akademik yang di idamkan. Hingga dapat disimpulkan kalau self- regulated learning mempunyai kedudukan dalam pencapaian hasil ataupun prestasi belajar yang maksimal untuk siswa, tetapi begitu senantiasa diperlukan pengarahan yang baik dari seseorang guru dalam penerapan strategi self regulated learning tersebut supaya ada pencapaian prestasi akademik yang lebih maksimal selaku kaca keahlian dalam bidang akademik serta kehidupan satu hari hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Assakinah, N. F., Maulana, M. I., & Latipah, E. (2022). Pentingnya Self Regulation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 616-624. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5344
Section
Articles

References

Armiati. Komunikasi Matematis Dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika. Bandung: Universitas Katholik Parahyangan, 2003.
“Latipah - Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Bela.Pdf.” Accessed November 18, 2022. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1211089&val=8866&title=Strategi%20Self%20Regulated%20Learning%20dan%20Prestasi%20Belajar%20Kajian%20Meta%20Analisis.
“Mengapa Pendidikan Anak Sejak Dini Penting? | EF Blog.” Accessed October 13, 2022. https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/mengapa-pendidikan-anak-sejak-dini-penting/.
Musfiqon, H.M. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.
Nur Fitria. “Pengaruh Self Regulation Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Akutansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Ukui. Skripsi Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.,” 2022, 26.
“Pentingnya Pendidikan Untuk Anak - SD NEGERI 2 JETIS.” Accessed October 13, 2022. https://www.sdn2jetis.sch.id/blog/pentingnya-pendidikan-untuk-anak.
“Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa | JOEAI (Journal of Education and Instruction).” Accessed December 6, 2022. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/3084.
PENTINGNYA PRESTASI DIRI - BAHAN AJAR GURU. “PENTINGNYA PRESTASI DIRI.” Accessed December 6, 2022. http://bahanajarguru.blogspot.com/2011/04/pentingnya-prestasi-diri.html.
“Perbedaan Regulasi Diri Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI Ditinjau Dari Jenias Kelamin - Penelusuran Google.” Accessed November 20, 2022. https://www.google.com/search?q=perbedaan+regulasi+diri+belajar+pada+siswa+sekolah+dasar+kelas+VI+ditinjau+dari+jenias+kelamin&oq=perbedaan+regulasi+diri+belajar+pada+siswa+sekolah+dasar+kelas+VI+ditinjau+dari+jenias+kelamin&aqs=chrome..69i57.62482j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8.
Psychology. “Regulasi Diri Dalam Belajar.” Accessed October 13, 2022. https://psychology.binus.ac.id/2019/01/08/regulasi-diri-dalam-belajar/.
Saguni, Fatimah, and Sagir M. Amin. “HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI, DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN SELF REGULATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI SMP NEGERI 1 PALU.” ISTIQRA 2, no. 1 (2014): 198–223.
“Self Regulation dan Kemandirian Belajar.” Accessed October 13, 2022. https://www.gurusumedang.com/2021/12/self-regulation-dan-kemandirian-belajar.html.
“Strategi Pembelajaran Self-Regulation Dalam Pemecahan Masalah Matematika - Penelusuran Google.” Accessed October 13, 2022. https://www.google.com/search?q=Strategi+pembelajaran+self-regulation+dalam+pemecahan+masalah+matematika&oq=Strategi+pembelajaran+self-regulation+dalam+pemecahan+masalah+matematika&aqs=chrome..69i57.976j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8.
Thaib, Eva Nauli. “HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13, no. 2 (February 1, 2013). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485.
Yulanda, Novidya. “PENTINGNYA SELF REGULATED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK DALAM PENGGUNAAN GADGET.” Research and Development Journal of Education 3, no. 2 (April 28, 2017). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/2013.
Yulianti, Putri, Afrizal Sano, and Ifdil Ifdil. “Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 1 (April 4, 2016): 98–102.