Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Siswa SMP di Desa karya Jadi Kecamatan Batang Serangan

Main Article Content

Siti Maimunah Tambak
Afni Khoiriyah Lubis
Utami Widya Lestari
Rey Rizky Damanik

Abstract

Peranan guru BK mengantarkan siswa dalam mencapai perkembangan yang optimal, membantu mengembangkan kualitas pribadi siswa baik dari aspek akademik, spiritual, emosional dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional siswa SMP di Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dan hasil menunjukkan bahwa Peningkatan kecerdasan emosional dan spiritual merupakan hasil dari peranan yang dijalankan guru BK secara terus menerus yang dilakukan tidak hanya sebatas membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, tetapi juga membantu mengembangkan kualitas pribadi siswaagar mampu berkembang secara optimal dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pola pikir dan statement baik secara fisik, sosial, maupun emosional dengan memberikan layanan yang mengarah kepada keberhasilan perkembangan siswa yaitu bimbingan kelompok dan layanan penguasaan konten

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tambak, S. M., Lubis, A. K., Lestari, U. W., & Damanik, R. R. (2022). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Siswa SMP di Desa karya Jadi Kecamatan Batang Serangan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 625-633. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5353
Section
Articles

References

Akbar, P. R. (2018). Perbedaan Kecerdasan Emosional Antara Siswa SMA dengan MA: Studi Komparasi Pada Siswa Kelas XI di SMAN Purwodadidan MA Sunniyah Selo. Jurnal Ilmiah, 23-33.
Anisatun, M. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Bangutapan. Jurnal IAIN Salatiga, 22-34.
Hard, S. (2013). Program Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial Untuk Mengembangkan perilaku seksual sehat remaja Studi Pengembangan Di SMA Kartika Siliwanggi 1. Jurnal Bimbingan Dan konseling, 1-12.
Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. Journal of Communication, 99-122.
Nastit, E. D. (2012). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Kelompok Dengan Teknik Permainan Untuk Menangani Siswa Terisolir Di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. Jurnal BK Unesa, 80-96.
Nur, K. E. (2013). Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta: Azzagrafika.
Pramanasari, A., & Zainal Arifin. (2016). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam, 1-22.
Sofi. (2019). PERANAN GURU Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kematangan Emosi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kasiha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-10.
Syafi’I, I. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial EmosionaL Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9-15.
Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.