Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX Mtsn 1 Mamuju

Main Article Content

Muzdalifah Muzdalifah

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu (1) Untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline materi sistem reproduksi manusia kelas IPA Kelas IX yang bersifat valid, (2) Untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline materi sistem reproduksi manusia kelas IPA Kelas IX yang bersifat praktis.(3)  Untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline materi sistem reproduksi manusia kelas IPA Kelas IX yang bersifat efektif. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPA kelas IX materi sistem reproduksi manusia ini menggunakan jenis penelitian Reasearch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai acuannya. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).  Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPA Kelas IX materi sistem reproduksi manusia yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sistem reproduksi manusia memberikan pengaruh yang sangat baik bagi peserta didik. Peserta didik menjadi lebih antusias dalam belajar dan peserta didik dapat belajar secara mandiri kapan dan dimanapun juga. Apalagi saat ini dalam kondisi pandemi akibat Covid 19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh atau biasa lebih dkenal dengan istilah pembelajaran online media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline ini dapat menjadi alternatif sebagai sumber belajar untuk mempelajari materi sistem reproduksi manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muzdalifah, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX Mtsn 1 Mamuju. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 634-645. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5355
Section
Articles

References

Asnawir, & Basyiruddin, U. (2002). Media Pembelajaran Cetakan Pertama. Jakarta: Ciputat Pers.
Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2).
Prasetya, S. P. (2015). Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Putra, N. (2011). Research & Development. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rudhito, Andy (2019). Dasar-Dasar Penelitian Desain untuk Pendidikan. Yogyajarta : CV Budi Utama.
Sanjaya, Wi. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.