Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Keterampilan Menyusun Teks Eksposisi melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X SMK PGRI 2 Belitang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menyusun teks eksposisi terlihat, ketika diminta guru untuk bertanya jika ada yang belum mengerti, maka tidak ada seorang pun siswa yang tampak mengacungkan tangan. Saat guru memberikan tugas atau latihan di akhir pembelajaran, maka banyak dari siswa kelas X tersebut yang tidak menyelesaikan tugasnya dan banyak ditemukan jawaban yang tidak benar, begitu juga dengan pekerjaan rumah yang tidak dikerjakan oleh siswa, sehingga hanya 10 siswa (25,80%) yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 70 sedangkan 20 siswa (67,74) mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karenanya guru yang disini berperan sebagai peneliti hendak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK PGRI 2 Belitang Kelas X. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMK PGRI 2 Belitang tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tindakan kelas, observasi, analisis dan pembahasan yang telah di dilaksanakan dalam dua siklus sebagaimana dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Keterampilan Menyusun teks eksposisi Kelas X semester 1 SMK PGRI 2 Belitang tahun pelajaran 2022/2023, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan pembelajaran, sebelum tindakan sebesar 25,80% (10 siswa) menjadi 74,19% (23 siswa) pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% (31 siswa). Pada awal siklus terdapat beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran, tetapi setelah diadakan refleksi dan perbaikan maka proses pembelajaran pada siklus II dapat mencapai keberhasilan sesuai target yang diharapkan. Jadi semua indikator kinerja telah tercapai, maka hipotesis tindakan berbunyi bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar keterampilan menyusun teks eksposisi kelas X semester 1 SMK PGRI 2 Belitang tahun pelajaran 2022/2023 telah terbukti.