Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Nurul Fazirah Kasim
Nadar Nadar
Irman Syarif
Saleha Saleha
Elihami Elihami
Muhammad Junaedi Mahyuddin

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan LKPD di kelas IV UPT SDN Inpres Garessi Pinrang. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase keberhasilan peserta didik, peneliti menggunakan lembar observasi lembar kerja peserta didik (LKPD) dan tes hasil belajar disetiap siklusnya. Adapun  subjek pada penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan peserta didik kelas IV UPT SDN Inpres Garessi Pinrang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang diterapkan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa ketuntasan belajar peserta didik sampai akhir pertemuan sudah mencapai harapan yang diinginkan. Hasil pengolahan data peserta kelas IV, diperoleh nilai rata-rata belajar 74 untuk siklus I, dan nilai rata-rata 85 untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 9 peserta didik  mencapai ketuntasan belajar minimal. Sedangkan pada siklus II sebanyak 13 peserta didik  mencapai ketuntasan belajar minimal. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik  kelas IV UPT SDN Inpres Garessi Pinrang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Shate mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kasim, N. F., Nadar, N., Syarif, I., Saleha, S., Elihami, E., & Mahyuddin, M. J. (2022). Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 629-640. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5401
Section
Articles

References

Ahmad Susanto, (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Prenadamedia Group)

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press.

Asori Ibrohim, (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar, (Yogyakarta: Leutikaprio).

BSNP. (2012). Aspek Kelayakan Modul. Jakarta: BSNP.

Darmadi, (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Peserta didik (Yogyakarta: CV Budi Utama.)

Dr. sita Acetylena, (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara “Perguruan Taman Peserta didik Sebagai Pengtahuan Dan Etika”

En. Nurnawati, (2012). dkk. Peningkatan Kerja Sama Peserta didik SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair and Share, Unnes Physics Education Jornal (UPEJ)

Jumanta Hamdayama, (2014). Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Jumadi, (2017). Model-model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku (Yogyakarta: UNY Press.)

Masnur Muslich, (2011). Melaksanakan PTK Itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Marwan Fahrozi, (2017). Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di AL-KHAIRIYAH KALIAWI Bandar Lampung

Margono, (2010). Metodologi Penelitian Terapan:Komponen MKDK, Jakarta : PT Refika Cipta.

Melvin rahma sayuga, (2014). Penerapan Metode Membelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Kartu Berpasangan Untulk Meningkatkan motivasi Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas XI IPS 3 MAN YOKYAKARTA II Tahun Ajaran 2013/2014.

Miftahul Huda, (2015) Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, (Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Naniek Kusumawati dan Endang Sri Maruti, (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar (Magetan : CV AE Media Grafika).

Nanang Hanapiah dan Cucu Suhana, (2009). Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT Raja Aditama).

Nana Syaodih Sukmadinata, (2013). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nining Mariyaningsih dan Mistina Hidayati, (2018). Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif, (Surakarta: CV Kekata Group).

N. M. S. Nuyami, (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Terhadap Self-Efficacy Peserta didik Smp Ditinjau Dari Gender”. (e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA,)

Novi Marlena, Renny Dwijayanti & Retno Mustika Dewi. (2015). Penerapan Pembrlajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik Pada Materi Konsep Diri Matakulia Pengembangan Kepribadian.

Nusa Putra, (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Rahmatun Nisa, (2014) “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika di Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Padang Panjang”. (Vol. 3 No. 1 Jurnal Pendidikan Matematika: Part 2, FMIPA UNP)

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta)

Suharsimi Arikunto, (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sudjana, Nana, (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.

Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli, & Sri Harmianto. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya