Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berceramah Siswa Kelas X SMA 5 Sungguminasa

Main Article Content

Abu Bakar Tumpu

Abstract

Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Keterampilan berbicara Siswa Kelas X SMA Lima Sungguminasa  Kabupaten Gowa Kecamatan Pallangga Provensi Sulawesi Selatan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Keterampilan berbicara Siswa Kelas X SMA Lima Sungguminasa  Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini melalui dua siklus yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa data proses dan hasil belajar Kemampuan Meningkatkan Keterampilan berbicara Siswa Kelas X SMA Lima Sungguminasa  Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan cara berkomunikasi siswa dengan baik dan benar melalui tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kemampuan komunikatif  dalam berpidato siswa menin Meningkatkan Keterampilan berbicara Siswa Kelas X SMA Lima Sungguminasa  Kabupaten Gowa, hal ini dapat dilihat pada siklus I tercatat rata-rata kemampuan berbicara dalam berpidato siswa adalah 76,3. Sudah mencapai KKM yang telah ditentukan 75. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53,3% atau sejumlah 16 siswa dari 30 siswa kelas X SMA Lima Sungguminasa Kabupaten Gowa dapat dikatakan tuntas dan masih perlu ditingkatkan. Pada siklus II tercatat nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa 83,2 sudah sangat mencapai nilai KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 75. Dan ketuntasan mencapai sudah diatas 93,3%.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Komunikatif Melalui Model Latihan,  dapat meningkatkan hasil belajar dalam keterampilan berbicara untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bakar Tumpu, A. (2022). Penerapan Pendekatan Komunikasi dalam Proses Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berceramah Siswa Kelas X SMA 5 Sungguminasa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 641-658. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5406
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Barry R. Chiswick 1990. Jurnal Of Labor Economics, Speaking, Reading, and Earnings Amonglow-Skilled Imigrants. 143
Dewi, Ima Irmalasari, “Pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Tanjungsari 02 Leuwiliang Kab. Bogor”, (Jakarta: skripsi, pendidikan guru sekolah dasar
Darmuki, dkk. 2017. Jurnal of Language Teaching and Research. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model On Speaking Skill Course. 8(2): 44-51
Gereda,Agustinus. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Jawa Barat:Edu Publisher
Haerazi, M. Hum. 2011. Pendekatan Pembelajaran Bahasa (Approach Language Learning) Yogyakarta:Samudra Biru
Iskandar dan Sunandar, 2009.Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Jalaluddin, Rakhmat. 2009. Retorika Modern (Pendekatan Praktis). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maidar, G. Arsjad,dan Mukti U.S. 1988.Pembinaan Kemampuan Berbicara Berbahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Nur, Hassan. 2008. Berbicara didepan umum? Siapa takut!(diaksestanggal 25 maret 2022)
Pannen, dkk. 2001.Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Prayudi, Affien Fitra 2014 Penerapan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember (artikel ilmiah mahasiswa, 2014)
Rahim, Amiriddin Retorika Haraki. 2011. Solo: Era Adicitra Intermedia
Rusmiati,2002. Model Show Case dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Bandung: alfa
Sunendar, serta Iskandar. 2009. StrategiPembelajaran Bahasa. Bandung; remaja rosdakarya
Satrio,Edi Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Proses Pembelajaran Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas IX( Jurnal Abiwara Vol.2 N0. 5 November 2021), h. 17
Sumarni, Wirna.2021“Skripsi Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato pada SISWA IX SMPN 3 Polongbangkeng Utara Kab. Takalar” h. 25-26.
Slamet, 2007.Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesi. Surakarta:UNS Press
Setyonegoro, Agus. 2013. Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara Dasar Kemampuan Berbicara Mahasiswa, 3:67-80
Suyanto, 1997.Pedoman Pelaksanaan Tindk Kelas (PTK). Yogyakarta;UP35D IKIP
Sugiono,2018.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung:Alfabeta
Yosodipuro, Arif M.M 2020. Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat Jakarta: Gramedi pustaka Utama
Yendra, 2018.Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik) Yogyakarta: Deepublish
Zubaidah, Nur. “Penerapan Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas III SDN Pisang Candi 2 Malang Tahun 2011” (Malang, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2011)