Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru terhadap Prilaku Siswa Berbudi dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Azmi Yuliana
Supriono Supriono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sikap kasih sayang guru Agama terhadap perilaku siswa yang berbudi pekerti dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.


Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dari    jumlah siswa-siswi SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2022/2023 dan diperoleh sampel 50 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, skala sikap, dan tes.Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap kasih sayang guru Agama terhadap perilaku siswa yang berbudi pekerti,semakin tinggi sikap kasih sayang guru Agama, maka semakin tinggi pula perilaku siswa yang berbudi pekerti contohnya, menanamkan rasa tolong menolong dan menghormati kepada siswa, serta pola hidup guru yang baik mampu meningkatkan kualitas karakter dan budi pekerti siswa dalam kehidupan sehari-hari. Serta ada pengaruh positif dan signifikan juga antara sikap kasih sayang guru Agama terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi pengaruh sikap kasih sayang guru Agama, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa contohnya, kasih sayang guru mampu meningkatkan semangat belajar siswa dalam memahami soal dan tugas Agam dengan percaya diri, serta aktif dalam kegiatan diskusi di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuliana, A., & Supriono, S. (2023). Pengaruh Sikap Kasih Sayang Guru terhadap Prilaku Siswa Berbudi dan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 1-11. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5475
Section
Articles

References

Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Prosedur Pendidikan dan Strategi. Bandung:
Angkasa.

Ahmadi, Abu. Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Citra Umbara.Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Penerbit
Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

_____________. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Mallo, Manase. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali.

Mar’at. 1981. Sikap Manusia Perubahan serta Pengukurannya. Jamers Bandung.

Poerwadarminta, W.J.S. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetjiningsih, dr. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
.
Sudjana. 1992. Metode Statistik. Tarsito Bandung.

Suharsimi, Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian. Bina aksara.

Sumartono. 2004. Komunikasi Kasih Sayang. PT.Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sutrisno, Hadi. 1989. Metode Reseach, Andi Absed. Yogyakarta.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.