Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Dokumenter Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar

Main Article Content

Erniati Erniati

Abstract

Pentingnya kegiatan berbicara juga ditunjukkan dalam Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan KTSP, aspek kemampuan berbicara yang dipelajari siswa SMP kelas VII adalah berbicara dengan ragam sastra yaitu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, mimik yang tepat, bercerita dengan alat peraga, dan menceritakan tokoh idola. Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media video documenter kelas VII SMP Negri 25 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah redukasi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media video documenter dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara dalam bentuk kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erniati, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Dokumenter Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 665-671. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5496
Section
Articles

References

Arsyad, Ahar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Aunurrofiq, Hidayat. Strategi Kontekstual. DiaksesdariError! Hyperlink reference not valid.. Pada tanggal 21 Februari 2018 pukul 13.54.
Blogger. Pengertiankontekstual. DiaksesdariError! Hyperlink reference not valid.. Pada tanggal 21 Februari 2018 pukul 01.30.
Damayanti, Dwiindah. KeterampilanHakikatBerbahasa. DiaksesdariError! Hyperlink reference not valid.. Pada tanggal 26 Februari 2018 pukul 12.30.
Faturrahman, dkk. 2012. Pengatar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya.
Hendry, Guntur Tarigan. 2008. BerbicaraSebagaiSuatuKeterampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa.
Maha, Template. PengertianBercerita. DiaksesdariError! Hyperlink reference not valid.. Pada tanggal 25 Februari 2018 pukul 01.00.
Pengertian dan HakikatBercerita. Diaksesdarihttp://text-id.123dok.com/dokument/myjenk15q-pengertian-bercerita-hakikat-bercerita.hmtl. Pada tanggal 25 Februari 2018 pukul 0.47.
Pribadi, Benny A. 2017. Media dan TeknologidalamPembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rosmawati. 2015. KeterampilanBerbicara. Makassar: Modul 1.
Syakuro, Abdan. Faktor Penunjang dan Faktor PenghambatKegiatanBerbicara. Diaksesdarihttp://www.mediapidato.com/2014/12/faktor-faktor-penunjang-dan-faktor.hmtl?m=1. Pada tanggal 20 Januari 2018 pukul 20.09.
Sudarmadji. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: LaksbangPressindo.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.