Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan pada Minat Belajar Peserta didik

Main Article Content

Eka Lestari
Annisa Hananiyah
Pitri Ristia Ningsih
Rio Febriyan
Muhammad Irgi Maulana Nasution
Alwi Shihab Syah Harahap
Inom Nasution

Abstract

Penulisan artikel ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pendidikan pada minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan motode tinjauan literatur (Library Research) dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang menggali obyek penelitiannya berdasarkan beragam informasi yang bersumber dari kepustakaan (ensiklopedi, buku, jurnal ilmiah, majalah, koran dan dokumen). Hasil Penelitian ini yaitu 1) Evaluasi adalah proses pengumpulan data yang harus dilakukan oleh seorang guru guna untuk mengukur dan menilai seberapa efektif kegiatan pembelajaran, 2) Evaluasi pendidikan dapat membantu guru untuk lebih memahami keadaan psikis, minat dan bakat peserta didik, 3) Evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh seorang guru hendaknya memperhatikan tiga aspek (taraf kesukaran, daya pembeda dan pola jawaban soal), dan 4) Terlihat terdapat keterkaitan antara cara guru menumbuhkan minat belajar peserta didik dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk mendapat hasil yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, E., Hananiyah, A., Ningsih, P. R., Febriyan, R., Nasution, M. I. M., Syah Harahap, A. S., & Nasution, I. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan pada Minat Belajar Peserta didik. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 52-61. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5726
Section
Articles

References

] Achru, A., (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205-215.
[2] Ananda, R & Tien Rafida., (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
[3] Daryanes, F & Deci Ririen., (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186.
[4] Handayani, B, D., (2011). Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). Dinamika Pendidikan, 6(1), 62-77.
[5] Khalilah, N., (2016). Kepemimpinan guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4(1), 119-128.
[6] Mardiah & Syarifuddin., (2019). Model-Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan & Konseling, 2(1), 38-50.
[7] Rahman, A, A & Cut Eva Nasryah., (2019). Evaluasi Pembelajaran. Meulaboh: Uwais Inspirasi Indonesia.
[8] Reski, N., (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.
[9] Suci, M, P., (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1(2), 59-68.
[10] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional