Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Mengulas Buku

Main Article Content

Novi Lestari
Nur Fadilla Hayati
Permata Sari Br Siregar
Riris Silalahi
Romasda Limbong
Yun Parbueuli Munte

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan dan kesulitan dalam mengulas buku pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Penelitian ini memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan atau pun kesulitan siswa yang sering terjadi ketika mengulas sebuah buku. Selain itu juga dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan data penelitian berupa kesalahan dan kesulitan siswa dalam mengulas sebuah buku. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ditemukan Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis teks ulasan/resensi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah tahun pelajaran 2014/2015 untuk aspek penyusunan struktur tergolong baik sekali dengan persentase 92%. Kemampuan menulis teks ulasan/resensi berdasarkan penyusunan struktur dapat diketahui bahwa siswa yang mendapat nilai denga kategori baik sekali berjumlah 53 orang (88%), siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori baik, cukup, dan kurang tidak ada (0%), dan siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori kurang sekali berjumlah 7 orang (12%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, N., Hayati, N. F., Siregar, P. S. B., Silalahi, R., Limbong, R., & Munte, Y. P. (2023). Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Mengulas Buku. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 62-72. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5746
Section
Articles

References

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 08, 88–73.
Devi, A.K. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Pendek pada Siswa dengan Strategi Think Talk Write. Jurnal Penelitian Pendidikan, 109-123.
Kosasih, E. 2017. “Bahasa Indonesia”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Lubis, Fitriani, dkk. (2023). “Bahan Ajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia”. Medan: CV. Daris Indonesia.
Maskur, Novita Sari. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan dengan Model Berbasis Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Universitas Muhammadiyah Makassar: Fakultas Keguruan dan Pendidikan.
Novitasari, dkk. (2015). Kemmapuan Menulis Teks Ulasan.Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotagajah. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pengajarannya), 1-12.
Nurfauziah, A.S & Latifah. (2019). Analisis Kemampuan Afiksasi Pada Hasil Menulis Teks Ulasan Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 277-284.
Rahayu, Budi. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 10-15.
Rahmawati, N.F. dkk. (2016). Penerapan Metode Picture and Picture dan Permainan Jelajah EYD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 891-900.
Rahmawati, N.F. dkk (2020). Analisis Struktur Wacana dan Kesalahan Berbahasa Teks Ulasan Buku Fiksi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 8(1), 143-152.
Suhartina. (2018). “Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Terampil Berbahasa Melalui Pembelajaran BerbasisTeks. Parepare: Penerbit Aksara Timur