Alterasi Implementasi Filsafat Pancasila Pada Era Kemerdekaan Dengan Era Masa Kini di Negara Indonesia

Main Article Content

Lidia Rumapea
Tri Girl Simbolon
Yana Sebha Pasaribu

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir dan cara berfilsafat pancasila pada era kemerdekaan dan masa kini, perwujudan nilai-nilai pancasila dalam era kemerdekaan dengan masa kini sampai dengan karakteristik konsep negara yang dipakai. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis ialah Study kepustakaan, yaitu menelaah sumber-sumber, baik itu buku, artikel, referensi-referensi yang berkaitan dengan filsafat Pancasila dalam Era Kemerdekaan dan filsafat pancasila pada masa kini. Berdasarkan hal tersebut Secara filososfisnya, penetapan Pancasila sebagai filsafat, ideologi, dan dasar negara di era kemerdekaan ialah bermula dari pola pikir negarawan tentang pentingnya kemanusiaan yang adil dan beradab. Dan di era perkembangan zaman saat ini, ideologi negara yang secara filosofisnya ialah Pancasila, yang bilamana pada masa kemerdekaan mengedepankan sila kemanusiaan yang adil dan beradab debagai landasan pencetusan keempat sila lainnya. Maka di era revolusi industri saat ini sangat diperlukan adanya ideologi terbuka yang mampu berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rumapea, L., Simbolon, T. G., & Pasaribu, Y. S. (2023). Alterasi Implementasi Filsafat Pancasila Pada Era Kemerdekaan Dengan Era Masa Kini di Negara Indonesia. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 109-114. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5781
Section
Articles

References

Agus, Aco. Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka di Era Reformasi. Jurnal Office. Vol. 2, No, 2, 2016.
Fraulen, Audrey, dkk. Pentingnya peran Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Generasi Z. Intelektiva. Volume 4, Nomor 1, 2022.
Kebangsaan, P. (2016). Filsafat Ilmu Dan Arah Pengembangan Pancasila: Relevansinya Dalam Mengatasi Persoalan Kebangsaan. Jurnal Filsafat, 21(2), 99–117. https://doi.org/10.22146/jf.3111
Nuruzzaman, M. (2018). Syntax Literate : TERORISME DAN MEDIA SOSIAL SISI GELAP BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Mohammad, 3(8), 27–38.
Soedarso, Pengembangan Sistem Filsafat Pancasila. Jurnal Filsafat. Vol. 39, Nomor 1, April 2006.
https://umj.ac.id/opini/pancasila-dan-kemerdekaan-berpikir/