Karakteristik Mata Pelajaran IPS
Main Article Content
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satunya mata pelajaran yang diajarkan dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mencermati setiap klaim, fakta, asumsi, dan generalisasi yang berkaitan dengan suatu persoalan sosial. Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi semuanya tercakup dalam kurikulum IPS SMP/MTs. Melalui kurikulum IPS, siswa didorong untuk menjadi warga negara Indonesia yang terlibat, berempati, dan sadar politik serta warga dunia yang cinta damai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sastra atau pendekatan kajian pustaka. Bidang studi IPS mencakup mata pelajaran antara lain IPA, matematika, dan bahasa Indonesia. Akibatnya, IPS sebagai bidang studi memiliki kurikulum yang sangat menantang. Bidang garapannya mencakup pelanggaran hak asasi manusia dan masalah kehidupan sehari-hari bagi masyarakat umum. Tekanan yang diajarkan oleh IPS diliputi masalah dan masalah.
Downloads
Article Details
References
Dr. ahmad susanto, M.pd. Pengembangan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. jakarta: prenadamedia, 2016.
Eliana yunitha seran, M.pd, KONSEP DASAR IPS. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2021.
Hadifina, Charisa Jupni, Maya Chintiya Devi, and Muhammad Rafiqi. “Strategi Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar” 05, no. 03 (2023)
Nimas puspitasari, M.pd. Pengemabangan Pembelajaran Ips Sd. Guepedia, 2022.
raras gista rosardi, S.pd, M.pd. Perencanaan Pembelajaran Ips Integratif. solok: INSAN CENDEKA MANDIRI, 2021.
Setiawan, Deny, Tumiar Sidauruk, and Fitra Delita. Pembelajaran Ips Terpadu. Yogyakarta: yayasan kita menulis, 2021.
Siska, Yulia, Yufiarti Yufiarti, and Muhammad Japar. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.” Journal Of Elementary School Education (JOuESE) 1, no. 1 (2021)
Sumantri, Moohammad Syarif. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2023.
Syaumi, Ihda Khaerunisa, Wahyuningsih. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Di SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022)
yulia siska, M.pd. Konsep Dasar Ips. Yogyakarta: garudhawaca, 2016. Depdiknas RI. 2006. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.2010.
Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Nuh, Muhammad. 2011.
Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: http://pendikar.dikti.go.id/gdp/wp- content/uploads/Desain-IndukPendidikan-Karakter-Kemdiknas.pdf Sapria.2008.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Laboratorium PKn UPI. Soenarko, Bambang. 2010. Konsep Pendidikan Karakter: Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
yulia siska, M.pd. Konsep Dasar Ips. Yogyakarta: garudhawaca, 2016. Depdiknas RI. 2006. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.2010.
Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Nuh, Muhammad. 2011.
Ahmad Susanto, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Pranada : Ciputat.
Djahiri A.Kosasih 1980 Somara Strategi Belajar Mengajar IPS Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G),Depdikbud :Jakarta.
Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Dan Masdrasah Ibtidaiyah Depdikbud Jakarta,PT Penerbit Erlangga.
Abdul Azis Wahab 2007, Metode dan Model-model mengajar .IPS. Alfabeta, Bandung
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Wandini, R, R. 2023, Lembar Kerja Tematik Kelas Tinggi Untuk Calon Guru MI, Medan : PERDANA PUBLISHING. Risman ,dkk, 2022, Buku Konsep Dasar Ips, Medan: CV Kencana Emas Sejahtera
Dimayati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.
Gagne, Robert M. The Condition of Learning. New York : Holt, Rinehart and Winston, 1965.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sumaatmadja, Nursid.2007 Konsep Dasar IPS. Modul 1-2. Jakarta: Universitas Terbuka