Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

Main Article Content

Agni Fristy
Fina Lutfiah Munawiroh

Abstract

Penelitian ini berdasar pada pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika kepada peserta didik di era globalisasi ini, sehingga nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai fondasi dalam pembentukan profil pelajar Pancasila. Nilai-nilai perlu diajarkan secara konsisten kepada anak agar membentuk karakter yang menjunjung persatuan dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila di sekolah dasar, sehingga data yang disajikan dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca, khususnya tenaga pendidik, mahasiswa dan pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan. Penelitian ini dikaji secara literature review terhadap 17 publikasi jurnal. Pengolahan data dimulai dengan mencari, memilih, dan menganalisis literatur terkait berdasarkan hasil riset terdahulu.  Nilai-nilai luhur yang didasari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, akan mendasari pembentukan karakter seseorang di lingkungan sekolah, masyarakat maupun keluarga sehingga membentuk persatuan dan kesatuan negara sejalan dengan tujuan kurikulum merdeka yaitu menciptakan profil pelajar pancasila dengan hakikat Bhinneka Tunggal Ika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fristy, A., & Munawiroh, F. L. (2023). Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 135-145. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5796
Section
Articles

References

Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Apriliana, D. P. Meilinda, & Rahmi Susanti. (2023). Implementasi Nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika terhadap Profil Pelajar Pancasila di Lingkungan SMAN 1 Palembang. Jurnal Multidisiplin, 1(1), 56-63.
Arifian, D. A., Mila W. N. F., & Anis F, Z. Menerapkan Sikap dan Perilaku yang Berprinsip pada Bhinneka Tunggal Ika di Era 4.0 dalam Pembelajaran K13 di MI/SD Kelas IV. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 86-99.
Dinarti, N. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7890-7899.
Galuh, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila (Studi Kasus Mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru). Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 1(5).
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kurnia, W. (2023). Implementasi Kebhinekatunggalikaan dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 150-158.
Novi, S. D., Dinie, A. D., & Yayang, F. F., (2021). Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7890-7899.
Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 212-221.
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Sleman: Diandra Pustaka Indonesia
Setyaningsih, U., & Setyadi, Y. B. (2019). Implementasi nilai-nilai bhineka tunggal ika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 surakarta pada tahun pelajaran 2016/2017. Civics Education and Social Science Journal, 1(1).
Sulistyati., D. M. (2021). Buku Panduan Guru Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Siti, W. (2022). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 4. CV. Pustaka Grafika
Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 45-50.
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167.