Variasi Individual dalam Pendidikan

Main Article Content

Fauziah Nasution
Rahayu Wulandari
Laila Anum
Achmad Ridwan

Abstract

Penelitian ini ingin mencari tahu tentang pengertian variasi individual dalam konteks pendidikan, jenis-jenis kecerdasan individu, gaya belajar, bakat, minat, dan strategi pendidikan inklusif dalam mengelola variasi individual. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengkaji variasi individu dalam pendidikan. Hasil penelitian ini menghasilkan pemahaman tentang kemampuan individu dalam pembelajaran, mengidentifikasi berbagai jenis kecerdasan individu, mempertimbangkan preferensi gaya belajar yang berbeda, serta mengakui peran bakat dan minat dalam keberhasilan pendidikan. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan pendidikan inklusif yang responsif terhadap kebutuhan semua individu, dengan menggunakan metode, strategi, dan sumber daya yang beragam. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan pendekatan pendidikan yang lebih inklusif dan mendukung keberhasilan individu dengan memperhatikan variasi individual yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 146-156. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5797
Section
Articles

References

Afhara, M. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis kecerdasan jamak dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam Siswa SD Sabilina Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral dissertation). Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Alisuf, S. M. (1996). Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional: Gaya Belajar Siswa (2nd ed.). Pedoman Ilmu Jaya.
Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Andany, S. R. A. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Diferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Ponorogo (Doctoral dissertation). IAIN Ponorogo.
Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual. Zahira Media Publisher.
Baiduri, Utomo, Dwi P., & Wardani, Christina. (2021). Monograf Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan. UMM Press.
Damayanti, R. (2021). Logika Matematika. Pemeral Edukatif.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.
Jauhari, A. (2017). Pendidikan inklusi sebagai alternatif solusi mengatasi permasalahan sosial anak penyandang disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).
Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Guepedia.
Kurniawan, M. R. (2017). Analisis karakter media pembelajaran berdasarkan gaya belajar peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491–506.
Lestariningrum, A., Lailiyah, Nur, & Ridwan. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Lodewijk, D. P. Y. (2020). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Linguistik Pada Anak. Guepedia.
Magdalena, I. (2022). Tips Mendesain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jejak Publisher.
Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global. FKIP EPROCEEDING, 83–98.
Rahmasiwi, A., Susilo, H., & Suwono, H. (2018). Pengaruh pembelajaran diskusi kelas menggunakan isu sosiosains terhadap literasi sains mahasiswa baru pada kemampuan akademik berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 980–989.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59–72.
Shihab, N. (2021). Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna & Menyenangkan. Lentera Hati.
Siberman, M. L. (2018). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia.
Suhadi. (2022). Kecerdasan Kinestetik Tubuh dan Emosional Anak Sekolah Dasar. CV. Bintang Semesta Media.
Sumarni, M. S. (2019). Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah. Edukasi, 17(2).
Sunaryo. (2002). Psikologi. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sutiah. (2020). OPTIMALISASI FUZZY TOPSIS (Kiat Meningkatkan Prestasi. Nizamia Learning Center.
Sutianah, C. (2022). Belajar Dan Pembelajaran. Qiara Media.
Ulfiana, F., Himawati, U., & Rinjani, E. D. (2022). Kreativitas Guru Kelas Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV A SD Islam Al Madina. Jurnal Magistra, 13(1).
Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Deepublish.
Wening, S. (2012). Pemanfaatan Umpan Balik untuk Peningkatan Hasil Belajar dalam Pendidikan Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin, 2.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).
Yessi, M. (2021). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Dalam Pemilihan Media Pembelajaran Yang Relevan. In Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SN-KPK), 12, 176–190.