Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ulum Medan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ulum Medan. Implementasi program pendidikan dapat dilihat dari berbagai Perspektif. Perspektif tersebut berasal dari berbagai sumber, antara lain dari pendidik, masyarakat umum sebagai pengguna, pemerintah sebagai pembuat kebijakan, efektivitas, kegunaan, hasil dan dampak program, antara lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Swasta AL-Ulum Medan berjalan dengan baik, guru pendidikan agama di sekolah tersebut sudah mampu mengembangkan silabus dan RPP secara mandiri berdasarkan potensi siswa dan juga terbiasa meniru model yang ada, demikian temuan penelitian ini.
Downloads
Article Details
References
Nawawi, H. Hadari. (1995). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2006). Penilain Program Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Sardiman A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Oemar Hamalik. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno, B Hamzah. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Allen, M.J.& Yen, W.M. (1979). Introduction to Measurement Theory. Belmont, CA: Wadsworth, Inc.
Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1986). Essentials of Educational Measurement. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.