Identifikasi Produk Obat yang Berbahan Dasar Alga pada Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Medan

Main Article Content

Syarifah Widya Ulfa
Anisah Hardini Pulungan
Nadia Bela Amanda
Meliya Salsabilla
Sri Handayani Gea

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa obat-obatan yang memiliki kandungan alga yang terdapat di pasar modern dan pasar tradisional di kota Medan. Metode yang digunakan ialah metode survei eksploratif. Penelitian ini dilakukan mulai dari Tanggal 13 Mei- 27 Mei 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil pengamatan yang diperoleh bahwa obat-obatan yang terdapat di pasar tradisional dan pasar modern yang ada di kota Medan terdapat kandungan alga ari kelas Rhodophyta. Obat yang ditemukan memiliki kandungan karaginan yang merupakan hasil ekstrak dari rumput laut merah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widya Ulfa, S., Hardini Pulungan, A., Amanda, N. B., Salsabilla, M., & Handayani Gea, S. (2023). Identifikasi Produk Obat yang Berbahan Dasar Alga pada Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 178-188. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5912
Section
Articles

References

Abizar & Sakinah, W, R. 2020. Alga Hijau (Chlorophyceae) Yang Ditemukan Di Sungai Sumatera Barat. Jurnal Bioconcetta. 6(1).
Aulia, A., Siti, K, K & Deni, M. 2021. Identifikasi Morfologi Beberapa Jenis Anggota Phaeophyta di Pantai Palem Cibeureum, Anyer, Banten. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1).
Fathoni, D, A & Apri, A. 2020. Kualitas Karaginan Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Pada Lahan Yang Berbeda Di Kecematan Di Bluto Kabupaten Sumenep. Jurnal Juvenil. 1(4).
Festi, Jumiati & La, B. 2022. Identifikasi Jenis-jenis Makroalga Di Perairan Pantai Sombano Kabupaten Wakatobi. Jurnal Penelitian Biologi dan Kependidikan. 1(1).
Harmoko., Eka, L & Restu, A. 2019. Keanekaragaman Mikroalga di Air Terjun Sando, Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan. Jurnal Limnotek. 26(2).
Jurnal Majalah Farmasetika. 4(5).
Jusman. (2019). Identifikasi Jenis Rumput Laut Alam Di Perairan Tanakke Kanupaten Takalar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kepel, R, C., Et. Al. 2018. Biodiveritas Makroalga Di Perairan Pesisir Tongkaina, Kota Manado. Jurnal Ilmiah Platax. 6(1).
Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Mudrikah, L. (2021). Modul Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Rendah (Algae).
Prabowo, W, L. 2021. Teori Tengang Pengetahuan Peresepan Obat. Jurnal Medika Hutama. 2(4).
Prihastuti, D & Marline, A. 2019. Karagenan dan Aplikasinya di Bidang Farmasetik.
Prihastuti, D & Matline, A. 2019. Karagenan dan Aplikasinya di Bidang Farmasetik. Jurnal Fatmasetika. 4(5).
Purbani, D, C.,Et. Al. 2021. Analisis Morfologi Dan Filogenetik Molekuler Alga Hijau Cocvoid Yang Diisolasi Dari Pulau Enggano. Jurnal Ilmu-ilmu hayati. 20(3).
Rina, D, E. (2023). Formulasi Tablet Ekstrak Alga Coklat (Sargassum sp.) Dengan Variasi Polivinil Pirolidon Sebagai Bahan Pengikat Metode Granulasi Basah. Jurnal Ilmiah Kefarmasian. 8(1).
Rombe, K, H., Et. Al. 2023. Komposisi dan Kerapatan Jenis Alga di Taman Wisata Perairan Laut Banda di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Nketon. 3(1).
Sampulawa, S & Wa, N. 2021. Potensi Antibakteri Ekstrak Alga Hijau Halimeda makroloba Decaisne dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Jurnal Sain Veteriner. 39(2).
Saputra, S, A., Muammar, V & Khairun, N. 2021. Karakteristik Dan Kualitas Mutu Karaginan Rumput Laut Di Indonesia. Jurnal Lantanida. 9(1).
Saputra, S, A., Muammar., Y & Khairun, N. 2021. Karakteristik Dan Kualitas Mutu Karaginan Rumput Laut Di Indonesia. Jurnal Lantanida. 9(1).
Sarita, I, D, A, A., et. al. 2021. Identifikasi Jenis Rumput Laut Yang Terdapat Pada Ekosistem Alami Perairan Nusa Penida. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.10(1).
Sasadara, Et. Al. 2023. Pengaruh Pemilihan Pelarut dalam Ekstraksi Klorofil pada Rumput Laut Gracilaria sp. dan Caulerpa sp. Segar dan Kering. Jurnal Ilmiah Medicamento. 9(1).
Sianipar, E, A., Et. Al. 2022. Pengujian Aktivitas Antioksidan Makroalga Sumbawa Dalam Hubungannya Dengan Kandungan Senyawa Bioaktif Dan Efek Farmakologi. Jurnal Riset Kesehatan Nasional. Jurnal Riset Kesehatan Nasional. 6(2).
Sipahutar, Y, H., Muhammad, R& Tina, P. 2020. Pengaruh Penambahan Karaginan Eucheuma cottonii Terhadap Karakteristik Ekado Ikan Nila. Jurnal Aurelia. 2(1).
Subagio & Muh, S, H, K. 2019. Identifikasi Rumput Laut (Seaweed) di Perairan Pantai Cemara, Jerowaru Lombok Timur Sebagai Bahan Informasi Keanekaragaman Hayati Bagi Masyarakat. Jurnal JISIP. 3(1).
Utami, P, U. (2023). Uji Aktivitas Antibakteri Alga Merah (Eucheuma spinosum) Terhadap Bakteri Staphylococcus epidermidis dan Escherichia coli. Lampung: Universitas Lampung.