Perkembangan Kognitif dan Bahasa Pada Anak

Main Article Content

Fauziah Nasution
Puspita Maharani
Novita Ritonga
Faris Fadillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kognitif dan bahasa pada anak menurut para ahli. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka yaitu mengumpulkan informasi tentang perkembangan kognitif dan bahasa pada anak-anak. Hasilnya adalah secara singkat menurut Jean Piaget seorang ahli psikologi dari Swiss mengartikan perkembangan kognitif anak adalah bertumbuh dan berkembangnya pemahaman persepsi, imajinasi, penangkapan makna, penilaian, dan penalaran pada anak. Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh faktor-faktor bawaan dan interaksi dengan lingkungan, serta perkembangan kognitif yang memainkan peran penting dalam pemahaman dan penggunaan bahasa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Maharani, P., Ritonga, N., & Fadillah, F. (2023). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Pada Anak. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 251-263. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5979
Section
Articles

References

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan/Konsep dari Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Daud, Siswanti, D. N., & Jalal, ‎Novita M. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Prenada Media.
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).
Lesmana, G. (2021). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. UMSU Press.
Nurani, Yuliani, & Sujiono. (2004). Metode Perkembangan Kognitif. UT.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (8th ed.). PT Indeks.
Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Guepedia.