Perangkat untuk Pengajaran Efektif

Main Article Content

Fauziah Nasution
Cut Naifah Azura
Desry Nurliana
M. Fazlur Rahman

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah suatu perlengkapan yang buat dan disajikan guru ketika ingin memulai pembelajaran. Metode pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil yang diperoleh yaitu perangkat pembelajaran mencakup media pembelajaran, silabus, skenario pembelajaran, RPP, sumber belajar, perangkat penilaian. Permendikbud menjelaskan bahwa RPP merupakan meteri pokok yang dirancang sesuai dengan isi silabus yang kemudian diolah dan dikembangkan dengan terperinci. Tugas-tugas yang diberikan dalam LKS yang dikerjakan oleh siswa harus berkompetensi dasar. Pentingnya penggunaan media pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan sangatlah penting. Penilaian terhadap kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan merupakan konsep dari kurikulum pedoman umum pembelajaran. Pada konsep-konsep yang dapat digunakan sebagai solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran harus berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran. Harapan pembelajaran dapat dicapai oleh siswa dengan baik dengan adanya pengembangan perangkat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Azura, C. N., Nurliana, D., & Rahman, M. F. (2023). Perangkat untuk Pengajaran Efektif. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 264-272. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5980
Section
Articles

References

Azizah. (1999). Efektivitas Modeling Sebagai Strategi Pelatihan Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
Badariah. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berorientasi Pendekatan CTL. Surabaya: Uniersitas Negeri Padang.
Ibrahim. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Liliasari. (2001). Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(1). Hlm. 55-56.
Lou, C., & Dick. (1990). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins Publisher.
Rohman, Muhammad, & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winami. (2006). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Imiah Siswa dengan dengan Tingkat Kemampuan Akademik Berbeda. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Yolanda, & Sari, N. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Komik Berbasis CTL pada Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar.