Analisis Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah

Main Article Content

Elsa Elitia Hasibuan
Irma Tussa’diyah Hasibuan
Nur Khotima
Syafitri Halawa
Sylvi Marsella Diastami

Abstract

Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana budaya sekolah dapat membentuk karakter siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus Multi-site Modified Analytical Induction, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitian dilakukan di SDIT Al Hijrah 2 Deli Serdang.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan budaya sekolah dalam pembentukan karakter siswa berjalan dengan baik. Terdapat berbagai program yang telah berhasil menjalankan tugas pembentukan karakter siswa, dengan bimbingan dari para guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Khotima, N., Halawa, S., & Diastami, S. M. (2023). Analisis Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 305-313. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6124
Section
Articles

References

Avisena, A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Habib Abdullah Bin Alwi Al-Haddad. Jurnal Pendidikan Islam.
Beti Istanti Suwandayani dan Nafi Isbadrianingtyas, peran budaya sekolah dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar, Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan) Halaman 34-41
Hadi. 2019. PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LEMBAGA FORMAL. Jurnal inspirasi. Vol. 3. No.1
Heri Gunawan, 2012, Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi), Bandung : Alfabeta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, diakses melalui https://kbbi.web.id, 13 Juli 2020
Kesuma, D., dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maragustam Siregar, Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna, Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
Momon Sudarma. Profesi Guru : Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013) h. 113.
Nur Kholis, Manajemen Berbasis Sekolah : Teori, Model, dan Aplikasi, (Jakarta : PT.Gramedia Widiasmara Indonesia, 2003), hal. 200
Ramdhani, M.A. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 08 (01) : 28-37
Ruja Wati, Wahyu Iskandar, PRAKARYA (SBdP) KELAS IV MI/SD , (Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran , 2020), 7(3).
Samria. 2016. PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAN PENDEKATAN NILAI). Jurnal Al-Ta’dib. Vol.9. No.1
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam : Konsep, Strategi, dan Aplikasi, (Yogyakarta : Teras, 2009), hal. 249
Syaiful Bahri, Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1), 94-100, 2022
Ulwan, A. N. (2015). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam. Khatulistiwa.
Zamroni, Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah (Manajemen Pendidikan: 2013)h. 59.