Peran Guru BK dalam Meningkatkan Interpersonal Skill melalui Konseling Teman Sebaya Kelas IX-3 SMP Swasta Budisatrya Medan

Main Article Content

Fauziah Nasution
Akmal Walad Ahkas
Fitri Handayani Rambe

Abstract

Keterampilan interpersonal yang rendah akan memberikan dampak yang tidak sehat bagi pergaulan siswa. Fenomena yang ada di SMP Swasta Budisatrya Medan yaitu terdapat 3 peserta didik kelas IX-3 yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Dampak yang dapat terjadi jika siswa memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang rendah umumnya sukar berteman atau berhubungan dengan orang lain, sukar mempercayai orang lain atau sukar mengungkapkan diri di hadapan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas IX-3 dengan menggunakan layanan konseling teman sebaya.


   Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta mengambarkan apa adanya mengenai prilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah yang digunakan yaitu reduksi data, display data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display data yaitu penyajian data secara utuh dan verifikasi data yaitu proses penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik di SMP Swasta Budisatrya Medan adalah dengan memberikan layanan bimbingan konseling teman sebaya. Peran tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik hal itu dilihat dari prilaku peserta didik yang sering menyendiri dan tidak bergabung dengan teman dan kurang terbuka dengan sesama teman, tidak menerapkan senyum, sapa, salam saat bertemu dengan guru di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Ahkas, A. W., & Rambe, F. H. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Interpersonal Skill melalui Konseling Teman Sebaya Kelas IX-3 SMP Swasta Budisatrya Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 335-342. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6131
Section
Articles

References

Anggaralisa, R. E. (2015). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta didik kelas X MAN Krui Lampung . Jurnal Bimbingan dan Konseling, 47.
Hurlock, E. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. (1991). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan . Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak jilid 2. Erlangga.
Saifuddin, A. (2005). Metode Penelitian cetakan keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susiani, S. (2023). Wawancara . Peran Guru BK SMP Swasta Budisatrya Medan Meningkatkan Komunikasi Imnterpersonal.
Suwarjo. (2008). Pembelajaran koomparatif dalam apresiasi prosa fiksi. Malang: Pena Gemilang.