Pembelajaran Kognisi di Area Isi

Main Article Content

Fauziah Nasution
Annisa Putri Dinata
Puput Handriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan memahami peran pembelajaran kognisi dalam pengembangan pengetahuan isi pedagogis secara komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kognisi memiliki peran penting dalam mengembangkan pemahaman, keterampilan berpikir kritis, dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata dalam berbagai cabang ilmu. Dalam konteks membaca, pembelajaran kognitif berfokus pada kemampuan anak-anak dalam memperoleh, mengolah, dan memahami teks secara efektif. Dalam menulis, kemampuan kognitif seperti pemahaman bahasa, sintaksis, dan tata bahasa berkontribusi pada kemampuan menulis yang baik. Dalam matematika, pembelajaran kognisi membantu siswa memahami konsep-konsep matematika, mengembangkan keterampilan komputasi, dan berpikir secara logis dan proporsional. Dalam sains, pembelajaran kognitif mendorong pemikiran ilmiah dan keterampilan seperti pengamatan, analisis data, dan pemecahan masalah. Sedangkan dalam studi sosial, pembelajaran kognitif membantu siswa memahami konsep-konsep sosial, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan mengaplikasikan pengetahuan sosial dalam kehidupan sehari-hari

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasution, F., Dinata, A. P., & Handriani, P. (2023). Pembelajaran Kognisi di Area Isi. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 377-387. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6194
Section
Articles

References

Laliyo, L. A. R. (2021). Mendiagnosis Sifat Perubahan Konseptual Siswa: Penerapan Teknik Analisis Stacking dan Racking Rasch Model. Deepublish.
Lukitasari, M., Handhika, J., & Murtafiah, W. (2021). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Melalui Digital argumentation (PBM-DA). CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Nurtaniawati, N. (2017). Peran guru dan media pembelajaran dalam menstimulasi perkembangan kognitif pada anak usia din. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 1–20.
Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan. Kencana: Prenada Media Group.
Septriwinti, F. J., & Nasution, F. (2023). Pendekatan Pemrosesan Informasi. MUDABBIR (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES), 3(1), 49–59.
Shaari, A. S. (2011). Pedagogi: Dari Sekolah Ke Institut Pendidikan Tinggi. UUM Press.
Siswono, T. Y. E., Rosyidi, A. H., Kohar, A. W., Hartono, S., Nisa’, K., & Uripno, G. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya. Literasi Nusantara Abadi.
Syamsuri, A. S., Rahmi, & Adam, ‎Andi. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.
Ulfatin, N., & Zahro, A. (2022). Merdeka Belajar Konsep,Kebijakan dan Praktik Berdasarkan “Sense Making Perspective” Kognisi Guru. Media Nusa Creative.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media.