Faktor Penyebab Historonic Personality Disorder pada Siswi MAN 2 MODEL MEDAN

Main Article Content

Risydah Fadilah

Abstract

Gangguan mental yang ditandai dengan ketidakstabilan emosi serta citra diri yang terdistorsi. Arti kata 'histrionic' sendiri berarti dramatis. Seseorang dengan kondisiini, kepercayaan dirinya bergantung dari persetujuan orang lain dan tidak datang dari diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu emosi dan ketidakstabilan pada kondisi diri subjek.  Penelitian ini di latarbelakangi oleh perisitiwa esmosi diri yang teridistorsi yang dialami oleh siswi MAN 2 medan.


Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif, yang mana penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami oleh subyek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, findakan, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah (Moleong, 2010). Adapun subjek dari peneliti ialah Siswa berinisial I kelas 12 MAN 2 Model Medan dengan menggunakan sesi wawancara.


Hasil penelitian menunjukkan adanya danpak pada emosi serta citra diri subjek yang terdistorsi sehingga subjek menunjukkan perubahan emosi yang cepat dan mungkin dianggap tidak tulus oleh orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadilah, R. (2023). Faktor Penyebab Historonic Personality Disorder pada Siswi MAN 2 MODEL MEDAN. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1). Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6250
Section
Articles