Systematic Literature Review: Pemanfaatan Game Edukasi Digital sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA

Main Article Content

Desi Nurlita
Jelita Purnama Sari
Rahma Aulya Harahap

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menguji seberapa baik pengajaran biologi SMA menggunakan media pembelajaran game edukasi digital. Tinjauan sistematis (SR) adalah metodologi penelitian yang digunakan dalam penyelidikan ini. Artikel jurnal yang telah diindeks berfungsi sebagai sumber data.Artikel-artikel yang berkonsentrasi pada penggunaan media pembelajaran game pembelajaran digital untuk pengajaran biologi sekolah menengah membentuk populasi data penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai permainan edukatif dalam mengurangi dan menghilangkan kebosanan siswa selama proses pembelajaran karena kualitasnya yang menyenangkan, memotivasi, dan menghibur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurlita, D., Sari, J. P., & Harahap, R. A. (2023). Systematic Literature Review: Pemanfaatan Game Edukasi Digital sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 445-453. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6462
Section
Articles

References

Aditia Arum, et al. (2017). "Analisis Kebutuhan Game Edukasi MIPA".Jurnal Bioedukatika. 5(2),86-91.

Bashirm Faqih Abdul & Bramastia. (2020)."Implementasi Game Based Learning Berbasis Digital ".Jurnal Ilmu Pendidikan.4(6).8070-8083.

Del Piero Hritzo Hanie. (2019)."Pengembangan Gim Edukasi Mengenai Virus Menggunakan Teknologi Augmented Reality".Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(10), 9533-9542.

Hamria & Hasmirati.(2022). "Game Edukasi Untuk Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII Berbasis Android".Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.9(1), 274-288.

Hidayatulloh Syarif , et al.(2020)."PENGARUH GAME PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN ILMU PENGETAHUAN ALAM".Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.3(2), 199-206.

Karlina Lilis & Abidin Zaenal. (2022). "Meta analisis pengembangan media pembelajaran game edukasi biologi berbasis soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap literasi sains siswa SMA".Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(10), 209-215.

Latifah, L., & Ritonga, I. 2020. Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63-80.

Maskhyur Majid Ali & Risnani Listika Yusi. (2020). " pengembangan dan uji kelayakan game edukasi digital sebagai media pembelajaran biologi siswa SMA kelas x pada materi animalia".jurnal Biodukasi. 11(2).90-104.

Noviantika Putri. (2022). "Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa SMP di Kabupaten Kubu Raya" Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran. 1(3).154-165.

Nurfaizah, Hermanto, N. dan Romadon, Y.I. 2020. Seleksi Fitur Infor- mation Gain dan Algorima Na ̈ıve Bayes untuk Review Opini Konsumen. Computer Based Information System Journal, 8(2), 55-59

Riyanti Rika & Rusdi Hikmah.(2018) "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI SMARTPHONETERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKIAN BIOLOGI STKIP YAPIM MAROS"
. Jurnal Ilmiah Pena.1(2), 21-28.

Salsabila Unik Hanifah, et al.(2020). "Pemanfaatan Aplikasi Quizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA".Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. 4(2).163-172.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., & Werla P., G., & Iswara, B. 2019. Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2),63.

Yulianti Ary & Ekohariadi (2021). "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU.5(1). 528-533.

Zahir Abdul, et al. (2022). "Game Edukasi Mata Pelajaran Biologi Jenjang SMA Berabsis Android".Jurnal Sinestasia. 12(2), 765-773.

Oktariyanti Ditania, et al. "Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar".JURNAL BASICEDU(2021) .4093-4100.