Kapita Selekta Pendidikan: Peran Penting guru sebagai motivator siswa

Main Article Content

Muhammad Hafiz
Muhammad Siddiq Habibullah
Muhammad Farid Aulia
Gusman Lesmana

Abstract

Guru sebagai motivator adalah sebuah aktivitas guru dalam meningkatkan semangat dan gairah yang tinggi dalam memberikan motivasi kepada siswa, baik secara internal maupun eksternal. Tujuan dari adanya artikel kapita selekta pendidikan yang berfokur terhadap peranan guru sebagai motivator siswa adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca bahwa guru dapat menjadi motivator dalam proses pembelajaran kepada siswa dan memahami bagaimana peranan penting yang dimiliki guru sebagai seorang motivator. Guru sebagai motivator mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar, maka dari itu seorang guru harus profesional dan sosialisasi diri. Guru harus dapat memberikan minat belajar kepada para peserta didik sehingga semangat belajar mereka tetap tinggi. Peran guru sebagai motivator untuk meningkatkan semangat yang tinggi, siswa perlu motivasi yang tinggi baik dari dalam dirinya sendiri (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik), yang utamanya berasal dari gurunya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hafiz, M., Habibullah, M. S., Farid Aulia, M., & Lesmana, G. (2023). Kapita Selekta Pendidikan: Peran Penting guru sebagai motivator siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 465-471. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6471
Section
Articles

References

Apriana, Amanda Nur, Nan Rahmiwati, and Asep Dudi Suhardini, ‘Proses Pembentukan Karakter Disiplin TanggungJawab Dan Kemandirian Melalui Program Pembiasaan Dan Keteladanan Di TK A Pamekar Budi Kota Cimahi’, Journal Riset Pendidikan Guru PAUD, 1.1 (2021), 26–29
Cece Wijaya, dkk, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Pembaharuan Dan Pengajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)
Damayanti, Selvy, ‘Hubungan Peran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung’ (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019)
Darajat, Dkk, Kepribadian Guru (Jakarta: Bulan Bintang, 2018)
Lefudin, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Budi Utama, 2018)
Meity H. Idris, Dkk, Menjadi Pendidik Yang Menyenangkan Dan Profesional (Jakarta: Luxima, 2015)
Perbukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan, ‘KBBI V (Kamus Besar Bahasa Indonesia V)’, 2020
Prafitra, Nugraheni, ‘Pendekatan Konseling Berorientasi Perilaku’, in Modul Belajar Mandiri, Calon Guru (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2023), pp. 1–88
Rahman, Syahrul, ‘Peran Guru Agama Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SDIT Fathona Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan’ (Universitas Islam Negeri, 2011)
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)
Syafira, Hilya, ‘Peranan Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III MIN 27 Aceh Besar’ (Universitas Negeri Islam Ar-Raniry, 2021)
Usman, Moh Uzer, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja, 2014)