Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pengendalian Emosi pada Siswa di SMP Swasta Budisatrya Medan

Main Article Content

Nurhayani Nurhayani
Alfin Siregar
Cahaya Annisa Islami Lubis

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dari anak menuju dewasa yang tergolong dalam siswa. Perubahan  perilaku  sangat  terasa  pada kalangan remaja, dimana pada masa remaja ini emosi mereka tidak stabil masih dalam masa pencarian jati diri. Pada Saat siswa menghadapi masalah, siswa cenderung tidak dapat mengendalikan emosinya, sehingga larut dalam masalahnya dan berperilaku agresif. Hal inilah yang menyebabkan para remaja mudah sekali terpengaruh dalam segala hal. Sehingga Guru Bimbingan dan Konseling perlu membantu siswa agar memiliki keterampilan mengendalikan emosi. Bimbingan dan Konseling memiliki peranan penting untuk membantu siswa agar memiliki kemampuan mengendalikan emosi. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengendalian emosi pada siswa di SMP Swasta Budisatrya Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhayani, N., Siregar, A., & Lubis, C. A. I. (2023). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pengendalian Emosi pada Siswa di SMP Swasta Budisatrya Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 472-482. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6476
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Fitriani, E. (2017). “Meningkatkan Pengendalian Emosi Siswa SMK Melalui Bimbingan Kelompok”. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 187-192, 2(1).
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Nadhiroh, Y. F. (2015). “Pengendalian Emosi (Kajian Religio-Psikologis tentang Psikologi Manusia)”. Jurnal Saintifika Islamic, 53-62.
Mudaim, Wibowo, A., & Meilani, P. W. (2021). “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu Meningkatkan Mengelola Emosi Peserta Didik yang Orang Tuanya Broken Home”. Jurnal Counseling Millenial, 99-107, 3(1).
Tohirin. (2014). Bimbingan Konseling disekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjani, R., Jati, S. N., Trisnawati, E., & Lestari, W. (2022). “Perbedaan Emotional Handling Ditinjau dari Hasil Intervensi Emotional Exprience Writing (Exprit) antara Remaja Laki-Laki dan Perempuan di Panti Asuhan”. Jurnal Intervensi Psikologi, 81-94.
Wijokongko, M. (2002). Keajaiban dan Kekuatan Emosi. Yogyakarta : Kanisius.
Yusi, R. (2004). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian akademik di sekolah pada siswa kelas dua yang bermasalah di SMUN 4 Bandung. Skripsi pada Universitas Islam Bandung: tidak diterbitkan.