Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melaui Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelas B2 di TK Asoka Makassar

Main Article Content

H. Abu Bakar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan pada anak Kelompok B2 TK Asoka Makassar Tahun Ajaran 2022/2023. Media boneka tangan dipilih karena pada dasarnya anak senang mendengarkan cerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 20 anak Kelas B2 usian 5-6 tahun Di Tk- TK Asoka Makassar. Penelitian ini dilakukan di kelas B2 TK TK Asoka Makassar pada semester 1, Tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 20 orang penelitian tindakan kelas B2 ini dilaksanakan 2 siklus karena pada siklus 1 tindakan ke I 11,4% Tindakan ke II 83,8% keberhasilan yang dicapai adalah 10 siswa 50 % dari 20 siswa yang dikategorikan tuntas sedangkan 7 siswa 35% dikategorikan tidak tuntas. sehingga dilanjutkan pada siklus II, pada proses pembelajaran siklus II Tindakan I 24,4%, Tindakan II 72,4%, sudah ada peningkatan dibanding siklus I pada siklus II ini siswa yang mencapai tingkat ketunasan adalah 15 siswa atau 85% yang dikategorikan tuntas sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 5 siswa atau 15,%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bakar, H. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melaui Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelas B2 di TK Asoka Makassar. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 483-493. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6491
Section
Articles

References

Abu Ahmadi, et. al. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka setia, Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Alih Bahasa: Meitasari

Henry Guntur Tarigan. 1983. Berbicara sebagai Suatu KeterampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa.

Heinich, M. & Russell, S. 2005. Media Pembelajaran. Alih bahasa: Sayogyo.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hasan Langgulung. 1988. Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husana. Hasibuan dan Moedjiono. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemmis, S. and McTaggart. 1988. The Action Resear Reader. Victoria: Deake University press.

Piaget (dalam Dra. Lilis madyawati 2016:144), kegiatan bermain Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Tjandra & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Penerbit Erlangga.