Peran Guru BK dalam Menghadapi Siswa yang Memiliki Kesulitan dalam Mengekspresikan Kompetensi Dirinya

Main Article Content

Fitri Syahramadani Danti Harahap
Apri Yunita Br Sitepu
Salbiah Salbiah
Gusman Lesmana

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa, pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa berhasil dalam belajarnya, dan siswa mengharapkan guru dapat mengajar dengan baik, sehingga mereka memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Dalam kenyataan, harapan itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Kesulitan dalam belajar siswa merupakan suatu gejala yang selalu dihadapi oleh guru, karena guru bertanggung jawab untuk mengatasinya, kesulitan belajar ialah suatu keadaan dimana siswa kurang mampu menghadapi tuntutan-tuntutan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga proses dan hasilnya kurang memuaskan. Ini terjadi karena kemampuan siswa untuk melakukan tugas yang tidak seimbang dengan tuntunan pembelajaran. Ada siswa yang mendapatkan nilai tinggi dan rendah, bahkan ada pula siswa yang gagal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataan ini, menunjukkan bahwa masih banyak guru yang menghadapi sejumlah hambatan dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, F. S. D., Sitepu, A. Y. B., Salbiah, S., & Lesmana, G. (2023). Peran Guru BK dalam Menghadapi Siswa yang Memiliki Kesulitan dalam Mengekspresikan Kompetensi Dirinya. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 514-528. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6622
Section
Articles

References

Maryani, I. 2018. Model Interverensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Matondang, Munandar. 2019. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Smp Negeri 7 Padangsidimpuan. Padangsidimpuan: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 4 No.1
Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mugiarso, H. 2009. Bimbingan & Konseling di Sekolah. Semarang: UNNES Presss.
Nasir, A., dkk. 2011. Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Muha Medika
Slameto. 2015.Belajar dan Faktorfaktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.
Sugiyono. , 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Amin Amirullah, Panduan Menyusun Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi, Cet. I, Jakarta: Smart Pustaka, 2013.
Ansori Muhammad, Psikologi pembelajaran, Cet. II CV Wacana Prima; Bandung; 2008.
Azhar Arsyad, media pembelajaran. Cet. XIV, Jakarta : PT Raja Grahafindo Persada, 2011.
Ramlan, Media dan Sumber Pembelajaran, universitas muhammadiyah pare- pare, 2003.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet. XII; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Mulyasa,E, Standar kompetensi Sertifikasi Guru,Cet. IV;Bandung;PT Remaja Rosdakarya,2009.
Prihatin Eka, Guru sebagai Fasilitator. cet.; I Bandung ; PT. Karya Mandiri Persada, 2009.