Penerapan Program Pendidikan Karakter Sebagai Dorongan Pengembangan Moral Siswa

Main Article Content

Novani Ramadhani

Abstract

Penyimpangan moralitas di Indonesia telah menyerang anak-anak dibawah umur terutama usia anak Sekolah Dasar. Jenjang usia Sekolah Dasar merupakan tombak utama dalam menanamkan karakter generasi terbaik di masa yang akan datang. Tetapi realita yang terjadi pada siswa Sekolah Dasar banyak ditemukan siswa yang melakukan kebohongan terhadap hal yang telah dia lakukan, melakukan tawuran, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, tutur kata yang tidak sopan dalam berkomunikasi bahkan sering mengeluarkan kata-kata kasar dan bahkan kotor. Tujuan pada penelitian ini adalah melihat efektifitas penerapan program pendidikan Program  Pendidikan Karakter Sebagai Dorongan Pengembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Negeri 060929 Medan Johor.  Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun lokasi penelitian dilakukan di SDN 060929 yang beralamatkan di jalan karya jaya No. 52, Medan Johor. Instrumen yang digunakan sebagai sumber pengumpulan data diadaptasi dari indikator nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa menurut Cahyaningrum, dkk (2017). Program pendidikan karakter berhasil meningkatkan karakter moral siswa SD N 060929 Medan Johor. Keberhasilan penerapan program ini dikarenakan peneliti dan guru memerhatikan kiat-kiat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam ruang kelas yaitu moral knowing, moral loving, dan moral doing. Adapun nilai-nilai yang menjadi tolak ukur penilaian pendidikan karakter memiliki peningkatan dan tidak mengalami penurunan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, N. (2023). Penerapan Program Pendidikan Karakter Sebagai Dorongan Pengembangan Moral Siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 579-588. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6889
Section
Articles

References

Cahyo D E. 2017. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 9: 1 16-26.
Halimatussakdiah B, Sumardi L, Zubair M. 2022. Pendidikan Kewarganegaraan Penyimpangan Moral Siswa: Studi Kasus Di Smpn 2 Kediri, Lombok Barat. Jurnal T. 6: 103-112
Cahyaningrum S E, Sudaryanti, Purwanto A N. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak. 6: 203-213.
Murniyetti, Engkizar, Anwar F. 2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 6: 156-166.
Sugiyono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.Bandung.