Pembuatan Media Pembelajaran Teknik Fotografi untuk siswa SMK Desain Komunikasi Visual Menggunakan Blender

Main Article Content

Arihta Lumbangaol
Haida dafitri
Rismayanti Rismayanti

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Melihat pemahaman siswa DKV SMK Pangeran Antasari pada materi Teknik fotografi cenderung rendah dikarenakan siswa kurang memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru. Berangkat dari asumsi tersebut, penulis tertarik untuk membuat Media pembelajaran Teknik fotografi untuk siswa SMK Desain Komunikasi Visual menggunakan blender.  Pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE (Analysis Design-Develop-Implement-evaluate) yang diharapkan nantinya dapat membantu dan memproses kegiatan belajan dan mengajar menjadi interaktif  dan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga prestasi siswa dapat mengikuti nilai / prestasi siswa khususnya di mata pelajaran Desain Grafis Percetakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lumbangaol, A., dafitri, H., & Rismayanti, R. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Teknik Fotografi untuk siswa SMK Desain Komunikasi Visual Menggunakan Blender. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 589-611. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/6898
Section
Articles

References

Amira. K. 2021. “Media Pembelajaran”. gramedia.com, 31 Juli 2023.
Aslah T, Wowor H, T. v. (2017). Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika.
Athaya Luthfiyyah Putri Mahirah, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Videografi pada Materi Komposisi dan Pergerakan Kamera Berbasis Motion Graphic. In Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer (Vol. 2, Issue 1).
Dzikri Azqiya. 2021. “Sejarah Blender”. leskompi.com, Diakses 31 Juli 2023.
Deslianti, D., & Anugrah, R. (2019). PEMBUATAN VIDEO 3D KAMPUS IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/289
Fernando, D., & Handayani, N. (2018). Uji Sensitivitas Metode Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Penyebaran Media Promosi. Jurnal Sistem Informasi, 2.
Herliyani, E., Suryana, J., Ketut Supir, I., Gusti Nyoman Widnyana, I., Nala Hari Wardana, K., & Nyoman Sri Witari, N. (2018). Pelatihan Membuat Objek Tiga Dimensi Menggunakan Blender Tingkat Pemula Di SMKN 3 Singaraja (Issue 3). https://news.idntimes.com/indonesia/teatrika/animasi-jadi-andalan-bekraf-untuk-
Ismail Hadi Pratama, H., Joni Malyan, Ab., Mekongga, I., Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital, P., Negeri SriwijayaJalan Srijaya Negara, P., Lama, B., Barat Satu, I., & Selatan, S. (2022). Rancang Bangun Vidio Media Pembelajaran Teknik Fotografi Stitching Berbasis Animasi 2 Dimensi. In Jurnal Laporan Akhir Teknik Komputer (Vol. 2, Issue 1).
Laudia Tysara.2021. “Apa Itu Multimedia? Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Elemennya”.https://www.liputan6.com/hot/read/4701997/apa-itu-multimedia-ini-pengertian-menurut-para-ahli-dan-elemennya. Diakses 31 Juli 2023
Levie dan Lentsz (1982) yang dikutip M.Reza (2021) “Media Pembelajaran sebagai Sarana Penyalur Pesan”. https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/6932/index.html. Diakses 31 Juli 2023
Marcelino, C., Agung, A., & Cahyadi, J. (2017). PERANCANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK USIA 4 TAHUN. http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
Meilin Mongilala, M., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Satwa Sulawesi Utara Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 14(4).
Nadia Satriana. (2019). Perbandingan Penggunaan Aplikasi Scratch dan Macromedia Flash 8 Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Animasi 2D Jurusan Multimedia di SMK 1 Mesjid Raya.
Ramadhani, L., Delianti, V. I., Hamka, J., Unp, K., & Padang, A. T. (2022a). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KAMERA DAN LENSA PADA MATERI AJAR FOTOGRAFI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI SMK N 2 PARIAMAN. Jurnal Vokasi Informatika, 2(1), 102–109. http://javit.ppj.unp.ac.id
Reski M, B. K. (2021). Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metode Four D (4D). Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Sugiono (2010) dikutip dari Ida Hafidaf (2021). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). https://atb-bandung.ac.id/berita/penelitian-dan-pengembangan-research-development
Vanya Karunia. 2021. “Jenis-jenis Fotografi”. kompas.com, Diakses 31 Juli 2023
W S Bintara. 2023. Pengertian Blender, Sejarah Blender. dianisa.com/pengertian-blender, 31 Juni 2023.
Yunita Setiyaningsih. 2023. “ Adobe Premiere Pro”. dianisa.com, Diakses 31 Juli 2023