Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Percut Sei tuan dan SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe

Main Article Content

Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti
Annisa azzahra
Nursamsia Rambe
Putri Putri
Rahmat Arian
Suci Rahmadani

Abstract

Kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia di Smp Negeri 7 Percut Sei tuan dan Smp Muhammadiyah 43 Kebanjahe .Penelitian ini bertujuan untuk mendenskripsikan kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Percut sei tuan dan Smp Muhammadiyah 43 kebanjahe. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskripif.Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 7 Percut sei tuan dan Smp Muhammadiyah 43 Kebanjahe .Sumber data ini dilakukan dalam penelitian guru Bahasa Indonesia .Tehnik dalam pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan ,wawancara dan angket terbuka Instrumen yang dilakukan dalam observasi ,wawancara dan panduan analisis data .Hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa guru yang memiliki dalam pemahaman dan juga wawasaan dan landasan kePendidikan secara mendalam ,gru harus mampu memahami karateristik peserta didik dengan melakukan berbagai pendekatan ,guru mampu mengembangkan kurikulum dengan silabus yang akan digunakan dalam mengajar ,guru harus mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan melakkan evaluasi terhadap peserta didik ,guru dapat mengembangkan peserta didik untuk melakukan mengaktualisasikan dengan potensinya daan memberikan dukugan dan araha kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jayanti, U. N. A. D., azzahra, A., Rambe, N., Putri, P., Arian, R., & Rahmadani, S. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Percut Sei tuan dan SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 636-652. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7111
Section
Articles

References

Fattah, M. 2013. Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonsia Samarinda. Fenomena.
Mandasari, J. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Jakarta
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.
Sahira, N. 2017. Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Bandung 2013
Syaiful Sagala. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: ALFABETA. 2013.
Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru:Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana. 2011.
Fitriyah Z.A, Ramlan A. Gani dan Mahmudah. Disiplin Berbahas Indonesia. Jakarta: FITK Pess. 2010.