Mengembangkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab melalui Metode Pembelajaran Reka Cerita Gambar pada Siswa di MTs Al Shohwah

Main Article Content

Tita Dwi Erlita
Septi Gumiandari

Abstract

    Keterampilan  berbicara  sangat  penting  dalam  pembelajaran  bahasa  karena  tanpa adanya  latihan  dalam  ketrampilan  berbicara,  guru  tidak  bisa  mengetahui  sejauh mana seorang  peserta  didik  dapat  memahami  dan  mempraktekkan  suatu  bahasa  terutama bahasa  Arab. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemahiran  siswa  dalam keterampilan   berbicara   (maharah  kalaam)   bahasa   Arab   bagi   siswa   MTS AL SHOHWAH. Teknik  reka  cerita  gambar  yang digunakan dalam  penelitian  ini bertujuan  untuk  memandu  dan  memudahkan  siswa  dalam  keterampilan  berbicara dalam  tema  tertentu.  Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh  siswa   yang  banyakmenemui  kesulitan  dalam  berbicara  maupun  menghafal  mufrodat  karena  teknik pembelajaran  yang  digunakan  guru  dalam mengajar  keterampilan  berbicara  belum  sesuai.  Rancangan  penelitian  yang  digunakan  peneliti  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian  tindakan  kelas  (IX).  Penelitian  tindakan  kelas  (IX)  adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya.. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas IX MTS AL SHOHWAH. Penelitian  ini  menggunakan  sistem siklus  yang  tahapannya  diadopsi  dari  Kemmis and   Taggart   yaitu   (1)   Perencanaan; (2)   Pelaksanaan Tindakan; (3) Observasi  (pengamatan); dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemahiran berbicara  bahasa  Arab  siswa  kelas  IX  MTS ALSHOHWAH  baik  dari  aspek maupun hasil meningkat dengan media gambar dan menggunakan teknik reka cerita gambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas IX Di Mts Al Shohwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode mereka cerita gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas IX Di Mts Al Shohwah. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al Shohwah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX sebanyak 20 peserta didik. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu penilaian tes, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisi data data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tiga siklus tiga kali pertemuan dalam satu siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keterampilan berbicara peserta didik memperoleh nilai rata-rata 70,13 dengan ketuntasan klasikal 45,16%, pada siklus II keterampilan berbicara memperoleh nilai rata-rata 72,80 dengan ketuntasan klasikal 70, , 96%, pada siklus III meningkat keterampilan berbicara peserta didik memperoleh nilai rata-rata 78,32 dengan ketuntasan klasikal 87,09%. Hal ini menunjukkan dari siklus I sampai siklus III rata-rata keterampilan berbicara peserta didik mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mereka cerita gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erlita, T. D., & Gumiandari, S. (2023). Mengembangkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab melalui Metode Pembelajaran Reka Cerita Gambar pada Siswa di MTs Al Shohwah. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 676-691. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7275
Section
Articles

References

Agratama, Efranjy. 2016. Mudah Belajar Bahasa Arab. Jakarta: PT. Grasindo.
Ainin, Moh, 2014. Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab.
Malang: CV. BINTANG SEJAHTERA.
Anzani, Hani Dwi. 2016. Pembelajaran Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan
Kemampuan Menulis Naskah Drama.Jurnal Riksa Bahasa. 02/2016.
Arikunto, Suharsimi dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asrori Imam & Ahsanuddin Moh. 2016 Media Pembelajaran Bahasa Arab.
Malang: CV.BINTANG SEJAHTERA.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djiwandono, M. Soenardi. 2011.Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa.
Jakarta: Penerbit Indeks
Effendy, Ahmad Fuad, 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MSYKAT.
Hamid, Abdul dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi,
dan Media. Malang: UIN Malang Press.
Istikomah, Baeti. 2014. Efektivitas Media Kartu Gambar Reka Cerita Bagi Peningkatan
Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Banjarnegara Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Munir. 2017. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab.
Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif.
Malang: UIN MALIKI PRESS
Pertiwi, Ajeng Melia. 2011. Penerapan Permainan “Tebak Kata” Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMPI01 Pujon. Skripsi tidak diterbitkan: Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang.
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Press.
Setyonegoro, Agus. 2013. Hakikat, Alasan, Dan Tujuan Berbicara: Dasar Pembangun
Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pena. 03/1.2013
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Sari, L., & Lestari, Z. (2019, February). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa
Dalam menghadapi era revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Mahmud, H. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka
Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 1(2).
FEBRIANTI, A. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA REKA CERITA
BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH SIROJUL WATHON BATANGHARI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI)
Su’aidah, L. (2019). Penggunaan teknik reka cerita gambar untuk meningkatkan
Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Tulungagung. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 174-182.
Apriyani, H. S. (2010). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI
TEKNIK REKA CERITA GAMBAR PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ratnasari, F. Pengaruh metode permainan Reka Cerita Gambar terhadap
peningkatan keterampilan berbicara siswa (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).