Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di MTs Bina Taruna Jaya Medan

Main Article Content

Ahmad Mukhlasin
Risa Adela
Nadia Anggraini
Siti Fatimah Azzahro
Ilham Muhammad Fajar@gmail.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen kebijakan pendidikan dan untuk mengetahui peranan manajemen kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan visi dan misi. Serta memiliki kegunaan untuk berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun dari pihak peneliti sendiri. Pendidikan adalah bidang yang sangat penting bagi kehidupan manusia, pendidikan dapat mendorong meningkatkan kualitas manusia dalam bentuk meningkatnya kompetensi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Masalah yang dihadapi dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas kehidupan sangat kompleks, banyak faktor yang harus dipertimbangkan karena pengaruhnya pada kehidupan manusia tidak dapat diabaikan, yang jelas disadari bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Analisis kebijakan Pendidikan merupakan penelitian sosial terapan yang secara sistematis disusun dalam rangka mengetahui substansi dari kebijakan agar dapat diketahui secara jelas informasi mengenai masalahmasalah yang dijawab oleh kebijakan dan masalahmasalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari penerapan kebijakan. Visi dan Misi merupakan tujuan atau arah utama, Maka bisa dikatakan misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan melalui pengamatan dan mencari data secara langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan yaitu, 1) Analisis Urgensi kebijakan pendidikan Menjadi pertimbangan yang saintifik, rasional dan objektif bagi semua pembuatan kebijakan. 2) Memungkinkan kebijakan didesain lebih sempurna guna mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara yakni mencerdaskan manusia Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mukhlasin, A., Adela, R., Anggraini, N., Azzahro, S. F., & Fajar@gmail.com, I. M. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di MTs Bina Taruna Jaya Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 692-699. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7294
Section
Articles

References

Anesti, R. W. (2022). Konsep dasar analisis kebijakan. Journal Education and develompent institut pendidikan ,Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan.
Arwildayanto, A. ,. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. In Kebijakan Publik. Kebijakan Publik, 53(9).
Elwijaya, F. (2021). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI(Journal Riset Tindakan Indonesia) Universitas Negeri Padang.
Fattah, N. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Suhelayanti. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan. Journal Of Multidiscplinary Islamic Studies ,PGMI FITK IAIN LANGSA.