Pelaksanaan Praktik Lapangan: Calon Guru Profesional

Main Article Content

Arif Rahman Priyono
Hari Antoni Musril
Fani Hamelia

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sjech M. DJamil DJambek Bukittinggi, termasuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Ini adalah mata kuliah yang harus diikuti .PPL merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mendidik peserta didik dan menggabungkan latihan mengajar dan non-mengajar untuk mengembangkan guru yang profesional. PPL tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena PPL tahun 2023 berdasarkan tempat tinggal  atau domisili  (PPLDB) mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memilih lokasi PPL yang diinginkan. Dan dari pihak kampus memberikan kebebasan bagi mahasiswa memilih sekolah yang di inginkan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan materi melalui representasi alaminya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan ini membawa banyak manfaat bagi para mahasiswa.Artinya mereka dapat menambah pengalaman, pengetahuan dan pemahaman terhadap kegiatan pendidikan sekolah, baik di dalam maupun di luar kelas atau dalam bentuk komunikasi antar warga sekolah.Penelitian ini menghasilkan keberhasilan pelaksanaan PPL.Segala kegiatan dan penilaian telah berhasil diselesaikan untuk menentukan keberhasilan Anda sebagai guru profesional. Kegiatan PPL yang dilaksanakan diharapkan dapat menciptakan lingkungan dimana mahasiswa dapat memasuki dunia kerja dan berkembang secara profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Priyono, A. R., Musril, H. A., & Hamelia, F. (2023). Pelaksanaan Praktik Lapangan: Calon Guru Profesional. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 762-769. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7335
Section
Articles

References

Anonim, (2022). Buku Pedoman dan Penilaian Praktek Pengalaman Lapangan Berbasis Domisili, FTIK : UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi.

Hutama. “Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Indonesia (2016).

Komaruddin. (2006). Pengembangan dan Pelatihan. Kappa-Sigma, Bandung.

Kurniawati Wahyu. “Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja.” Jurnal Pendidikan Indonesia 6 (2017).Machali Imam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. 1. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2012.

Mardiana Harisa. “Lectures’ Adaptability To Technological Charge And Its Impact On The Teaching Process.” JPI 9 (2020).

Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Sahertian, P. A. (1992). Paradigma Kategori Guru kaitannya dengan Profesionalisasi tenaga kependidikan. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Komar, O. (2017). EFEKTIVITAS PROGRAM PRAKTEK LAPANGAN MAHASISWA BERBASIS PENEMPATAN PADA LEMBAGA MITRA DEPARTEMEN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (Studi Pada Mahasiswa PPL Departemen PLS FIP UPI). Pedagogia, 15(1), 84. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6567