Efektivitas Teknik Asertif untuk Menggulangi Siswa Terisolir
Main Article Content
Abstract
Masa sekolah merupakan masa dimana remaja memperluas lingkaran sosialnya selama tahun ajaran dengan berinteraksi dengan teman sebaya yang tidak tumbuh bersama mereka di lingkungan rumah. Tapi sekarang meskipun beberapa remaja merasa mudah untuk melakukan navigasi, tidak semua remaja melakukannya sebab ada kesulitan berinteraksi sosial dengan teman sebayanya. Penyebab remaja terisolir adalah hilangnya minat dalam interaksi sosial dan kurangnya kapasitas remaja dalam adaptasi lingkungan, remaja yang hidup terisolasi kurang memiliki ketegasan, serta kurangnya keasertifan pada remaja sehingga mengakibatkan semakin terasingkannya remaja dari pergaulan teman sekelasnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menngatasi perilaku terisolir remaja menggunakan konseling individu dengan teknik assertive training. Penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi pustaka atau library research. Teknik trianggulasi adalah teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain untuk keperluan pengecekan atau membandingkan data. Hasil penelitian wawancara terhadap guru Bimbingan Konseling bahwa perilaku terisolir remaja sebelum diberikan konseling behavior dengan teknik latihan asertif menunjukkan bahwa minat bersosial remaja terisolir tergolong sedang, kemampuan menyesuaikan diri, kepercayaan diri, respon saat kegiatan, kemampuan bertenggang rasa, kemampuan sportif serta perlakuan teman juga tergolong sedang. Sedangkan kategori tinggi hanya dicapai pada aspek penampilan. Namun setelah diberikannya konseling teknik asertif adapun pencapaian siswa terisolir yang meningkat, seperti siswa yang semula minat bersosialnya sedang meningkat menjadi tinggi, dan memiliki kemampuan bertenggang rasa yang sedang meningkat menjadi tinggi.
Downloads
Article Details
References
MEREDUKSI PERILAKU BULLYING. Journal of Innovative Counseling:
Theory, Practice & Research, 2(1), pp. 31-39 Program Studi Bimbingan dan Konseling | Fakultas Keguruan dan limu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS).INNOVATIVE
COUNSELINGISSN (Print): 2548-3226
Azmi,Wifaqul.2022.TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM PENDEKATAN
BEHAVIORISTIK DAN APLIKASINYA KONSELING KELOMPOK: SEBUAH TINJAUAN KONSEPTUAL.Journal of Contemporary Islamic Counselling Vol. 2, No. 2 (2022), pp. 101-112
Handayani,Tri Firda.2020. PENERAPAN TEKNIK ASERTIF DALAM
BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI SISWA TERISOLIR KELAS VIII MTS. ASSA’ADAH II BUNGAH GRESIK TAHUN AJARAN 2019-2020. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2020 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY
Khawakib,Jawahirul. 2019. MENGATASI PERILAKU TERISOLIR SISWA
MENGGUNAKAN KONSELING BEHAVIOUR TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 BANGOREJO BANYUWANGI.SOSIOEDUKASI:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial November . Vol.8 No. 2 Tahun 2019e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135
Kumalasari, Dyesi. 2017. KONSEP BEHAVIORAL THERAPY DALAM
MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA TERISOLIR. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 1
Setiawan,Tumiyem,Indra.2021.PELAKSANAAN KONSELING BEHAVIOR PADA
SISWA BERPRILAKU TERISOLIR DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJA. Lentera Pendidikan Indonesia, Volume 2, Issue 1, E-ISSN. 2774-3225
Trisnawati, Kartini Ayu. 2019.MENGATASI PERILAKU TERISOLIR REMAJA
MENGGUNAKAN KONSELING BEHAVIOUR TEKNIK ASSERTIVE TRAINING. DAIWI WIDYA. Jurnal Pendidikan Vol.06 No.1