Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern

Main Article Content

Delis Fitriya Nur Hidayah
Destriya Risdayatie
Fadillah Anissa Febrianti
Yunissa Sapphira Titalia
Prihantini Prihantini

Abstract

Dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan, diperlukan adanya sarana dan prasarana yang dapat menunjang berbagai kebutuhan yang akan digunakan, sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif bagi peserta didik. Tidak hanya sebatas dalam kegiatan pembelajaran saja, sarana dan prasarana juga digunakan dalam menunjang kegiatan lain di sekolah. Di era modern ini, kegiatan pembelajaran dikatakan ideal salah satunya jika penggunaan media yang digunakan oleh pendidik bersifat kreatif dan inovatif, sehingga dapat menciptakan ruang belajar yang nyaman dan berkualitas bagi peserta didik, oleh karena itu sarana dan prasarana menjadi faktor penunjang utama dalam kesuksesan penyelenggaraan pendidikan. Tetapi, dalam realitanya ditemukan berbagai permasalahan dalam pengelolaan sarana prasarana baik itu disebabkan karena keterbatasan dana, sumber daya manusia, koordinasi yang minim, dan sebagainya. Hal ini secara langsung menjadi tembok penghalang bagi sekolah untuk mewujudkan kualitas pembelajaran yang baik. Tentu hal ini merupakan suatu situasi yang perlu segera dicari jalan keluarnya. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini dalam pengumpulan datanya yaitu secara kualitatif dan informasi yang diperoleh yakni melalui review artikel dan dari penelitian sebelumnya yang relevan dengan judul, informasi diperoleh melalui internet seperti google scholar dan publish or perish. Berbagai sumber informasi yang diperoleh kemudian dirangkum dan disajikan dalam artikel.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayah, D. F. N., Risdayatie, D., Febrianti, F. A., Titalia, Y. S., & Prihantini, P. (2023). Pengempelementasian Sarana Prasarana di Sekolah sebagai Penunjang Keefektifan dalam Pembelajaran bagi Dunia Pendidikan Modern. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 792-811. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7388
Section
Articles

References

Agustina, D., Nurjannah, A., Harahap, A., Lestari, V., & Hafizhah, Z. (2022). Konstruksi Pemahaman Pentingnya Sarana Prasarana di Sekolah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1352-1359.
Aka, Kukuh Andri. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Berorientasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial (Studi pada siswa kelas V SDN Sawojajar 02 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Ananda, Rusydi dan Oda Kinata Banurea. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan.
Medan: CV. Widya Puspita.
Bafadal, Ibrahim, (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi, (Jakarta: Bumi Aksara).
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351-370.
Hartika, S. H., Kuntarto, E., & Hayati, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Sosial WhatsApp (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Ilahi, N. W., & Imaniyati, N. (2016). Peran guru sebagai manajer dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 99.
Kristianti, N. (2019). Pengaruh Internet of Things (Iot) Pada Education Business Model: Studi Kasus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika,13(2), 47-53.
Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.
Megawati, S. (2021). Pengembangan sistem teknologi internet of things yang perlu dikembangkan negara indonesia. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology),5(1), 19-26.
Mulyasa, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya
Nikita, A., Lubis, N. P., & Fauziah, S. (2023). Upaya Manajemen Sekolah dalam Menghadapi Hambatan Sarana Prasarana Pendidikan. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 01-09.
Nugraha, G. A., Baidi, B., & Bakri, S. (2021). Transformasi manajemen fasilitas pendidikan pada era disrupsi teknologi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam,7(2), 860-868.
Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219-225.
Nurmuhlisna, A. (2019, May). Modernisasi dan Teknologi: Penggunaan Teknologi untuk Media Pembelajaran di Generasi Millenial dalam Pendidikan Modern. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 567-576). Raja Grafindo

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004
Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 3(2), 90-97.
Samsugi, S., Damayanti, D., Nurkholis, A., Permatasari, B., Nugroho, A. C., & Prasetyo, A. B. (2021). Internet of Things Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa
.Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS),2(2), 173-177.
Sinambela, P. N. (2017). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Generasi Kampus, 1(2).
Sopian, A. (2019). Manajemen sarana dan Prasarana. Raudhah proud to be professionals: jurnal tarbiyah islamiyah, 4(2), 43-54.
Suharsimi Arikunto, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1999, Cet. II
Suryosubroto,( 2004). Manajemen Pendidikan Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
The Nielsen Company (US). The Nielsen Total Audience Report: Q1 2017, (online)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Wahyuningrum. (2004). Buku Ajaran Manajemen Fasilitas Pendidikan. Jakarta:
Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas, 5, 73.