Dampak Model Pembelajaran PMRI Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Main Article Content

Awal Fajar
Anita Ridwan
A. Gitalis
Nurfadiah Putri
Nurhikma Nurhikma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dampak pembelajaran matematika realistik bahasa Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Gagasan utama Pembelajaran Matematika Realistic Indonesia (PMRI) yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika Pendekatan studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, yang meliputi pembacaan dan pemahaman teori-teori dari berbagai sumber kepustakaan yang berkaitan dengan gagasan PMRI. Karena PMRI dianggap ideal untuk konteks saat ini, tantangan siswa dalam menerapkan konsep tersebut disesuaikan mengingat fakta bahwa PMRI belum meningkatkan kualitas matematika di Indonesia secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mengenai permasalahan tersebut untuk mengetahui jenis permasalahan pembelajaran matematika yang dialami anak ketika menggunakan PMRI, beserta beberapa faktor penyebabnya. Staf pengajar harus dapat menemukan lokasi permasalahan aktual yang berkaitan dengan pendidikan dan kehidupan sehari-hari siswa. Analisis penelitian terhadap beberapa publikasi yang berkaitan dengan model pembelajaran PMRI menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran mempengaruhi ketidakmampuan siswa dalam menerapkan prinsip pembelajaran PMRI dan pemahaman ide matematikanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fajar, A., Ridwan, A., Gitalis, A., Putri, N., & Nurhikma, N. (2024). Dampak Model Pembelajaran PMRI Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 5(1), 20-30. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/7534
Section
Articles

References

Cahirati, Dkk, Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Yang Menggunakan Pendekatan PMRI, Jurnal Pendidikan Matematika, Unika Santu Paulus Ruteng, Vol.9 No. 2 (2020)
Fitri, N. A., & Karmila. (2018), Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (4)
Fitriani Nelly, Dkk, Analisis Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis PMRI Pada Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah, STKIP Siliwangi, Vol.3 No.1 (2016)
Fransiska Meysi, Dkk, Pengembangan E-Book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V Sd, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Universitas PGRI Palembang, Vol.4 No.1 (2022).
Hanapiati Ipi, Hasil Belajar Matematika, SD Negeri 011 Bukit Gajah Kecamatan Ukui, Jurnal Primary, Universitas Riau, Vol. 5 No.3 (2016)
Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Diskusi kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Scholaria, 7 (3).
Marlina &Nilla Kesumawati. (2013).Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis komputer pokok bahansan lingkatan untuk kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan matematik,volume 7,(2).
Midianti Mhena,Dkk , Peningkatan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Di Kelas Vi Sd, Jurnal Pendidikan Tambusai, Universitas Negeri Padang, Vol 5 No. 1 (2021)
Nengsi Retno, Pengaruh Model Pembelajaran PMRI Terhadap Pemahaman Konsep Matematika, Jurnal SAP, Universitas Indraprasta PGRI, Vol.3 No 2 (2018)
Oftiana Siti, Dkk, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic Indonesia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii, Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, Universitas PGRI Yogyakarta, Vol.4 No. 2 (2017)
Sari Pramitha, Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI, Jurnal Gantang, STKIP Muhammadiyah Pagalaram, Vol.2 No.1 (2017)
Sholihatun Nisa, Dkk, Kemampuan Penalaran Statistic Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran PMRI, Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya Palembang, Vol.13 No 1 (2019)
Tyas, N. M. (2016). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas IV SDN di Kecamatan Ungaran Barat. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Yuniawatika, Pembelajaran Matematika Di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia, Universitas Negeri Malang, 2016
Sari, P. 2015. Desain Pembelajaran Materi Pengukuran Sudut dengan Menggunakan Konteks Tata Surya di Kelas VI. Tesis Pascasarjana Universitas Sriwijaya.